banner 970x250
BISNIS  

5 Tips Merawat Kitchen Set agar Senantiasa Bersih Saat Lebaran

JAKARTA,NUSANTARAPOS,-Kitchen set memang memiliki banyak fungsi di dalam rumah, mulai dari fungsi penyimpanan hingga fungsi estetik. Tidak bisa dipungkiri jika dengan adanya kitchen set akan menambah keindahan suatu rumah. Oleh sebab itu sangat penting untuk membuat kitchen set tetap bersih sehingga tahan lama. Apalagi ketika lebaran saat open house dan keluarga semua datang Anda harus memastikan semua dalam keadaan bersih. Anda bisa menerapkan tips merawat kitchen set agar senantiasa bersih.

Kenapa kebersihan area dapur demikian pentingnya? Menurut sebuah study American Psychological Association di tahun 2010, ditemukan bahwa ibu rumah tangga memiliki tingkat stress lebih tinggi dibanding ibu bekerja di luar rumah. Salah satu pemicu timbulnya stress ini ternyata keadaan rumah yang kotor. Untuk itu agar tetap waras, Anda harus selalu menjaga kebersihan dapur terutama kitchen set.

5 Tips Merawat Kitchen Set agar Senantiasa Bersih Saat Lebaran

Dengan melihat betapa pentingnya keberadaan kitchen set, sudah sewajarnya jika Anda merawatnya dengan baik agar awet. Berikut ini tips merawat kitchen set yang bisa Anda terapkan di rumah:

1. Bersihkan Secara Menyeluruh

Untuk membersihkan secara menyeluruh tidak perlu dilakukan setiap hari namun cukup 2-3 kali selama setahun. Anda harus mengelap permukaan seluruh meja dan kompartemen dengan menggunakan lap dan larutan yang dibuat dari air ditambah baking soda. Anda bisa membersihkan seluruh permukaan kitchen set menggunakan larutan tersebut hingga bersih. Jangan menggunakan cairan pembersih yang keras karena justru akan merusak permukaan kitchen set Anda.

2. Pastikan Sirkulasi Udara Dapur Baik

Kegiatan memasak akan menghasilkan uap dan panas. Maka dari itu sirkulasi udara di dapur harus baik agar udara dari proses masak bisa keluar dan digantikan udara baru yang baik. Jika sirkulasi tidak baik maka akan meningkatkan suhu dan kelembaban pada dapur sehingga akan merusak kondisi kitchen set Anda. Selain itu dapur akan terasa pengap, bau dan lembab.

3. Rapikan Kitchen Selalu Setelah Masak

Rasa lelah pasti menghantui setelah kegiatan memasak, namun Anda harus tetap membersihkan area kitchen set dan seluruh permukaan dapur yang terkena cipratan bumbu dan minyak selama memasak. Hal ini perlu dilakukan agar tidak menimbulkan kerak noda dan kotoran pada kitchen set serta seluruh peralatan dapur yang digunakan, sehingga akan awet dan higienis.

4. Pastikan Kitchen Set Selalu Dalam Keadaan Kering

Kitchen set terbuat dari berbagai macam bahan, jika kitchen set Anda terbuat dari kayu dan HPL maka terus menjaganya agar tetap kering dan tidak lembab adalah hal yang sangat penting. Selain itu jika ada noda basah yang berasal dari minuman manis maka akan menyebabkan lengket serta meninggalkan noda yang membandel. Oleh sebab itu Anda harus selalu membersihkan permukaan kitchen set yang terkena noda.

5. Gunakan Prinsip Clean As You Go

Prinsip ini sangat bagus diterapkan, dengan cara selalu membersihkan peralatan dapur setelah digunakan. Cara ini akan membuat dapur terlihat tetap bersih tanpa tumpukan peralatan kotor yang mengganggu pandangan. Selain itu juga mengurangi noda membandel pada peralatan dan kitchen set.

Setelah memahami dan menerapkan tips merawat kitchen set di atas maka dapur Anda akan semakin bersih dan estetik dan siap menyambut lebaran. Anda harus terus mempertahankan dapur dan area kitchen set dalam keadaan bersih agar awet serta tidak mudah rusak. Bagi Anda yang belum memiliki kitchen set dan tertarik untuk menambahkannya di area dapur rumah Anda, bisa kok dibeli melalui Blibli.

Ada banyak vendor yang menyediakan kitchen set dan perkakas-perkakas yang dibutuhkan untuk membangun kitchen set di rumah. Dapatkan kitchen set dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau hanya di Blibli. Jangan lewatkan promonya, cek dan pesan sekarang juga kitchen set terbaik secara online lewat Blibli.