Optimalisasi Peran Himastra dalam Mengembangkan Keterampilan dan Solidaritas

Penulis: Divisi Kesekretariatan Himastra dan Zahira Saffa

Sabtu dan Minggu Tanggal  02 – 03 Maret 2024 Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP UIN Ar-Raniry Banda Aceh, melaksanakan Raker dan Upgrading yang mengusung tema “Optimalisasi Peran Himastra dalam mengembangkan Keterampilan dan Solidaritas’’. Rapat kerja dilakukan dengan tujuan supaya mengetahui beberapa program kerja yang telah dibuat oleh 8 divisi yang ada di Himastra, kemudian nantinya akan disahkan oleh DPH sebelum melaksanakan program kerja tersebut. Kemudian tujuan adanya Upgrading adalah agar munculnya rasa kekeluargaan, kekompakan, solidaritas, antar seluruh pengurus Himastra 08. Pada hari sabtu tanggal 2 maret 2024, Himastra melaksanakan raker dengan tema “Optimalisasi peran Himastra dalam mengembangkan keterampilan dan solidaritas”.

Acara raker dilaksanakan di ruang teater FISIP UIN Ar-Raniry. Raker ini dimulai dengan pembukaan oleh MC serta menyanyikan lagu indonesia raya, selanjutnya kata sambutan dari wakil ketua umum, Rahmad Khalid. Kemudian kata sambutan dari ketua panitia, Rahmad Suryadi dan Upgrading dibuka oleh ketua umum T. Afwan Karami. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi program kerja yang di paparkan oleh masing masing bidang.

Kemudian dilanjutkan dengan acara Upgrading ditanggal 3 Maret 2024 tepatnya di Pantai Lampuuk. Acara Upgrading ini Pertama kali dilakukan oleh Himastra 08 yang bersifat Outboand (luar ruangan) dimana pada acara ini sangat meriah di sertai berbagai kegiatan seperti bagian panitia melakukan masak kari ayam bersama-sama, dan kegiatan lain nya. Pembukaan acara di mulai di jam 10 pagi mulai dari kata sambutan dari ketua umum Himastra 08 dan selanjutnya disana juga diundang beberapa demisioner Himastra salah satunya adalah Demisioner Himastra 06 Iqbal Muttaqin, dimana beliau memberikan materi melalui pengalaman yang telah dilewatinya, dan diakhir acara memberikan kesempatan kepada pengurus Himastra untuk bertanya ataupun memberi saran bagaimana Himastra 08 yang nantinya dapat berjalan lebih baik kedepannya. Kemudian selesai pemberian materi dari demisioner dilanjutkan dengan acara makan-makan bersama pengurus, dan dimulai dengan permainan truth or dare di akhiri dengan beberapa permainan perlombaan seperti tebak gaya, oper sarung, dan tarik tambang. Dengan adanya permainan perlombaan ini diharapkan dapat memberikan rasa kekeluargaan, kekompakan, dan Solidaritas bagi Himastra 08.