BUDAYA  

KETUPAY Ajak Adik Adik Belanja Busana Muslim Persiapan Sambut Datangnya Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Ketua beserta adik adik KETUPAY saat memilih busana muslim untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri

JAKARTA,NUSANTARAPOS, – Kegiatan persiapan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri, KETUPAY mengajak adik adik yatim piatu dan dhuafa (KETUPAY) beserta para pengurusnya pada hari ini, Ahad (24/3/2024) berada di Thamrin City Jakarta Pusat untuk membeli busana muslim untuk memyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Achmad Ridwan, Ketua KETUPAY mengatakan, adik adik KETUPAY yang ikut serta berjumlah 18 orang terdiri dari 7 orang santriwan dan santriwatinya 11 orang serta para pengurusnya 5 orang. Para santri ini berlatar pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA ataupun SMK.

Lanjutnya, kegiatan belanja hari ini diutamakan belanja di salah satu toko busana yang juga merupakan donatur KETUPAY agar kita bisa saling membantu didalam perekonomian UMKM Muslim agar siklus ekonomi kita tetap berjalan. Saat dijumpai langsung oleh media Nusantarapos.co.id di lokasi.

Dikatakan Ketua KETUPAY, harapan kegiatan ini salah satunya adalah menyenangkan buat adik adik KERUPAY karena kita ketahui mereka adalah anak yatim piatu dan dhuafa yang pastinya sudah kehilangan orang tua laki, maupun orang tua perempuan ataupun kedua orang tuanya.

“Oleh karena itu kegiatan kami di setiap tahunnya mengadakan kegiatan belanja guna mempersiapkan serta menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri untuk adik adik KETUPAY,” ucapnya.

Ketua KETUPAY menyebut, seperti yang disabdakan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bahwa barang siapa yang menyantuni anak yatim aku dan orang yang menyantuni anak yatim seperti jari telunjuk dan jari tengah yaitu sangat dekat sekali yang akan ditempatkan di Syurganya Allah Subhanahu Wata’ala,” ujarnya.

“Tentu bagi adik adik KETUPAY hanya busana muslim saja yang akan dipakai untuk Hari Raya Idul Fitri juga kegiatan pengajian yang biasa diadakan di sekretariat ketupay agar amal para donatur yang dipakai busananya menjadi amal jariyah yang mengalir terus setiap dipakai dalam beribadah kepada Allah swt” imbuhnya.

Lebih jauh diungkapkan Ketua KETUPAY bahwa untuk jenis busana yang di pakainya ini atas kemauan dari adik adik KETUPAY sendiri dengan satu model dan satu warna agar kita bersamaan baik ikhwan maupun akhwat.

Ini merupakan program khusus yang sudah ada, baik kegiatan harian, mingguan, bulanan ataupun tahunan. Kalau kegiatan harian adik adik KETUPAY ini dengan bimbingan belajar (bimbel) di rumah belajar Mawinsya di Jalan Madrasah 2 Sukabumi Utara Jakarta Barat .

Untuk kegiatan mingguan yaitu adanya pengajian setiap malam Sabtu ba’da sholat Isya di sekretariat KETUPAY Ber’alamat jalan Kemandoran 7 Jakarta Selatan.

Untuk kegiatan bulanannya berupa santunan setiap bulannya bersama orang tua pemberian uang dan sembako nantinya ada penceramahnya baik siraman rohani maupun siraman jasmani.

Kegiatan mingguan saya sampaikan ada pemberian berupa uang giat belajar setelah adik adik KETUPAY mengikuti kegiatan ta’lim mingguan.

Untuk kegiatan tahunan seperti momentum hari hari besar Islam seperti Isara’ Mi’raj, Idul Fitri, Idul Adha,maulid nabi dan juga Tahun Baru.

Seperti kita ketahui pada pergantian tahun pada 2022 lalu menyambut tahun baru 2023 dengan kegiatan pesantren kilat di Ponpes Al Adzkar, Bogor Jawa Barat.

Kedepannya Insya Allah akan bertambah kegiatannya supaya KETUPAY kian berkembang dan semakin maju. Kegiatannya selalu eksis sehingga bisa bermanfaat untuk ummat.

Perlu diketahui, kegiatan ini bermula dari anak anak yatim piatu dan dhuafa dengan nama tim Peduli Yatim sehingga dengan berjalannya waktu menjadi KETUPAY atas kesepakatan bersama. Syukur Alhamdulillah KETUPAY ini sudah berjalan dua tahun lima bulan.

Puji syukur Alhamdulillah segala kegiatan dipastikan sangat disenangi dan diminati oleh adik adik KETUPAY sehingga bisa membawa manfaat kepada adik adik KETUPAY baik itu bimbel. uang giat belajar setiap mingguan, santunan bulanan bersubsidi berupa beras dan uang.

Tidak hanya itu saja, juga ada tambahan lagi dalam bentuk sembako, santunan pengobatan gratis untuk kesehatan yang bekerjasama dengan klinik Yakrija yang berada di jalan Madrasah 2 Sukabumi Utara Jakarta Barat.

Apabila adik adik KETUPAY ini berobat dan mempunyai kartu identitas berobat cukup dengan menunjukkan kartunya saja ke kasir yang nantinya akan diberikan diskon hingga 50%. Apabila nanti biaya berobatnya Rp.80.000 akan dibayar setelah diskon sebesar Rp.40.000 yang akan dicover biayanya dengan uang kas KETUPAY.

Jadi, pengobatan KETUPAY bagi adik adik ini adalah gratis. Ada juga program pengusaha peduli sesama yaitu apabila adik adik KETUPAY bertransaksi melakukan pembelian dapat menunjukkan kartu idenitas akan mendapatkan diskon 50%.

KETUPAY kepanjangan dari Kemandoran Tujuh Peduli Anak Yatim Piatu dan Dhu’afa yang beralamat di Jalan Kemandoran Tujuh RT.05 RW.03 No.21Jakarta Selatan. Ketua Umumnya hingga saat ini sejak berdiri belum ada pengganti ataupun yang diganti adalah Achmad Ridwan.

Ia mengucapkan terimakasih kepada para Muhsinin, para Muzakki, para Donatur yang telah membantu daripada kegiatan adik adik KETUPAY hingga saat ini. Semoga harapan saya, adik adik KETUPAY ini dengan adanya kegiatan ini KETUPAY dapat memberikan manfaat yang banyak, manfaat yang lebih dan pastinya amal amal dari para donatur semua diterima Allah Subhanahu Wata’ala. Aamiin.

Adik adik KETUPAY ini pun memberikan respon yang baik atas kegiatan ini, diantaranya adalah Nazwa Nur Baiti mengungkapkan, enak, kaya seru aja beli bajunya setiap mau masuk lebaran, kita selalu belanja sama KETUPAY beli baju lebaran, dan dikasih apapun dari KETUPAY.

“Harapannya biar KETUPAY bisa maju terus, bisa sehat selalu,” ucap Nazwa sapaan akrabnya.

Alkhalifi Dzikri Hady menuturkan, merasa happy gitu, senang banget bisa ngobrol sama teman. jumpa diluar ditempat ini dan dibelikan baju sebelum Idul Fitri dan bisa puasa bersama dan setiap malam Sabtunya ada berbuka puasa bersama.

“Harapannya, kita pengennya KETUPAY maju terus bisa ngebahagiakan anak yatim piatu dhuafa, para pengurusnya dikasih keberkahan dan juga sehat selalu., Aamiin,” ujar Dziqri sapaan akrabnya.

Fatia Aulia Nisa mengatakan, senang banget juga seru, KETUPAY sehat selalu, para pengurusnya kuat selalu, bisa ngebantu terus dan maju terus santunan bulanannya dan setiap malam Sabtu dikasih uang kegiatan belajar.

Dalam kesempatan ini Fitriah Maharani selaku Bendahara KETUPAY mengungkapkan bahwa setiap tahunnya adik adik KETUPAY dan para pengurusnya diajak ke Thamrin City untuk membeli busana muslim untuk lebaran. Kegiatan ini sudah berlangsung 3 tahun.

Fitri nama panggilannya menyebut, untuk anggaran didapat dari para donatur, baik donatur tetap maupun tidak tetap. Donatur tetapnya berjumlah 10 donatur dan donatur tidak tetap setiap tahunnya ada kisaran 35 donatur yang memberi bantuan.

“Untuk belanja rutin pada adik adik KETUPAY lebih dari cukup perbulannya dan menjadi laporan perbulannya kepada para donatur,” sebutnya.

“Untuk membeli busana muslim jelang lebaran ini disesuaikan kemauan mereka dan juga dikelompokkan juga untuk model modelnya,” ucapnya.

Fitri menuturkan, kebetulan toko busana muslim yang kita kunjungi untuk membeli bausana adik adik KETUPAY ini salah satu donatur kita karena kediamannya waktu itu di daerah KETUPAY dan punya usaha di Thamrin City ini.

“Jadi kita selalu bantu dia juga usahanya, kadang beberapa kali kita dikasih baju juga sama dia,” imbuhnya.

Lebih jauh Bendahara KETUPAY mengungkapkan, rekan kerja lainnya yang ada disekitar kita seperti tukang cukur, penjual makanan ini kita juga sudah jalin kerjasama dengan mereka. Kita juga punya kartu identitas peduli sesama mendapatkan diskon yakni fasilitas kesehatan yang saya monitor

Untuk kesehatan, adik adik KETUPAY yang sakit laporannya ke saya untuk buat pengobatan mereka dengan menujukkan kartu identitas KETUPAY.

Selama ini pengeluaran anggaran, jujur saja sih mencukupi. Alhamdulillah buat KETUPAY para donaturnya ngasih setiap bulannya. Terkadang ngasih tiba tiba walaupun saat itu tidak ada acara diluar acara bulanan kita langsung kasih ke mereka adik adik KETUPAY.

Kadang para pengurus juga nanya ke adik adik KETUPAY mau makan apa, kasih kebebasan mereka pilih yang belum pernah mereka coba dan rasakan sebisa mungkin terlaksana.

Harapanya agar adik adik KETUPAY ini merasa senang sih, yang menjadi prioritas nomor satu mereka senang bisa punya baju lebaran yang mereka mau tanpa mikirin harganya. Apa yang mereka mau tinggal bilang saja ke kita gitu para pengurus.

Kita diamanatkan sama para donatur dan tidak melimitkan apapun buat kita. Kita merasa anggaran tiap bulannya cukup untuk kita berikan ke adik adik KETUPAY ini.

Tidak hanya baju muslim saja yang diberikan, ada juga kesehatan, untuk pemebelian buku keperluan sekolah dengan menggunakan uangnya dulu yang akan segera dilaporkan kepada pengurus berwenang dengan menujukkan kwitansi ataupun nota pembelian aslinya akan segera di rembers ataupun diganti.

Yang penting ada bukti asli yang nantinya akan dilaporkan kepada para donatur.

Untuk adik adik yang berprestasi dimana kita berikan apresiasi Rp.50.000 tiap minggunya untuk makin giat belajarnya. Kita ada kerjsama dengan tempat les agar merka semakin giat dan semangat terus belajarnya.

Penulis: Guffe