Polsek Pancoran Lakukan Pengamanan dan Monitoring Kegiatan Ziarah Kubur di TMPN Kalibata

Polsek Pancoran Lakukan Pengamanan dan Monitoring Kegiatan Ziarah Kubur di TMPN Kalibata

JAKARTA, NUSANTARAPOS,-Ramadan mencapai puncaknya, seperti yang dilakukan di awal bulan Ramadan, tradisi ziarah kubur pun dilakukan. Seperti yang dilakukan oleh warga masyarakat Indonesia.

Masyarakat berbondong-bondong menuju makam untuk mendoakan keluargannya yang sudah meninggal. Aktivitas ini tentunya sangat rawan kejahatan terutama kendaraan bermotor yang diparkir begitu saja di pinggir jalan.

Untuk mengamankan aktivitas warga berziarah Polsek Pancoran Polres Metro Jakarta Selatan melakukan patroli di taman makam pahlawan nasional (TMPN) Kalibata, Jakarta Selatan saat momen lebaran. Patroli dilakukan untuk memastikan momen ziarah berlangsung aman dan kondusif.

“Sinergi bersama unsur 3 Pilar (Bhabinsa, staf Kelurahan Kalibata dan pengamanan dalam TMP) melaksanakan monitoring pengamanan peziarah di TMPN lebaran,” kata Kapolsek Pancoran Kompol Sujarwo, Jum’at (12/04/24).

Dari data yang ada, pada hari H lebaran yakni Rabu (10/4) sebanyak 40 persen melakukan ziarah. termasuk di antaranya Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani hingga Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Sujarwo Kapolsek Pancoran menyebut hari Kamis (11/4) kemarin puncak kegiatan ziarah dengan jumlah total 50 persen. Sementara kegiatan ziarah kubur masih diperkirakan berlangsung hingga hari Minggu pekan ini.

“Hari Jumat memasuki lebaran ketiga, lokasi TMPN pengamanan dan monitoring pejabat yang hadir, diperkirakan peziarah sore hari.
Upaya mengantisipasi kemacetan dan Pelayanan menyeberang ke pemakaman antisipasi kecelakaan lalu lintas dan gangguan Kamtibmas lain,” ujarnya.

Di samping itu, Sujarwo menyebut pihak kepolisian juga melakukan patroli ke Pemukiman/ rumah kosong di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan yang ditinggalkan para pemudik. Patroli digencarkan untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana dengan berdayakan Siskamling.

“Melakukan patroli di pemukiman dan juga perkantoran dengan upaya mengingatkan kepada Satpam selaku pengemban fungsi kepolisian terbatas mengingatkan bila mengetahui adanya gangguan Kamtibmas dapat menghubungi call center 110 layanan bebas pulsa atau gratis,” pungkasnya.(Rizky)