Bahas Jadwal Rapat Bulan Mei, Banmus DPRD Trenggalek Fokus Penyampaian RPJPD Bupati

Situasi rapat Banmus menentukan jadwal kegiatan di bulan mei

TRENGGALEK, Nusantarapos, – Bahas jadwal di bulan Mei, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Trenggalek hari ini menggelar rapat bersama. Dalam rapat, agenda prioritas yakni pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Pajang Daerah (RPJPD) dari Bupati.

“Dalam rapat kali ini, yang paling urgent adalah agenda tentang rapat untuk proses pembahasan RPJPD Bupati,” kata Agus Cahyono selaku Wakil Ketua DPRD Trenggalek usai memimpin rapat, Kamis (2/5/2024).

Disampaikan Agus, Banmus bulan Mei, dari hasil rapat mengagendakan penyampaian nota oleh Bupati atas RPJPD, dan selanjutnya pandangan fraksi hingga pembentukan pansus.

Nanti akan lebih detail tetap berbasis pansus, karena itu nota yang paling krusial. Untuk kegiatan lain kunjungan dalam daerah selalu di agendakan, dimana setiap ada waktu luang.

“Untuk rapat komisi kita fleksibel dengan mengasih ruang jadwal. Bulan mei ada rapat komisi karena ada tiga fraksi yang mengikuti Bimtek,” ucap Agus.

Dalam nota pengantar Bupati nanti untuk menyampaikan RPJPD, menurut Agus bukan hanya sebagai sebuah dokumen rencana, melainkan sebagai instrumen strategis yang secara efektif mendukung visi pembangunan jangka panjang daerah.

Mengarahkan pembangunan berkelanjutan untuk menciptakan visi dan arah pembangunan jangka panjang yang berkelanjutan, memperhatikan pertumbuhan ekonomi, ketimpangan sosial, dan pelestarian lingkungan.

“Mengintegrasikan perencanaan jangka panjang di Kabupaten konsisten dengan rencana pembangunan jangka panjang nasional,” ungkapnya.

Diimbuhkan Agus, juga untuk memperkuat partisipasi stakeholder melalui pelibatan aktif partisipasi masyarakat, sektor swasta, dan pihak-pihak terkait lainnya dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah. (ADV)