Putra Kebumen Raih Medali Perak di Kejurnas Taekwondo Pangkostrad Cup 2024 di Jakarta

Putra asli Kebumen, Angga Kurnia Nugroho, berada di podium runner up pada Kejurnas Taekwondo Pangkostrad Cup 2024.

┬áJAKARTA,NUSANTARAPOS, – Prestasi membanggakan berhasil diraih Angga Kurnia Nugroho (15) putra asli Kebumen, usai berhasil sebagai Juara 2 dan meraih medali perak pada Kejurnas Taekwondo Pangkostrad Cup 2024.

Anak ke-4 dari empat bersaudara putra pasangan Darman dan Rasmi asal Desa Tepakyang, Kecamatan Adimulyo, yang masih duduk di Kelas IX SMP Presiden, Jakarta ini berhasil meraih Juara 2 pada Kejurnas Taekwondo Pangkostrad Cup 2024 yang digelar di GOR Ciracas Jl.Raya Jakarta-Bogor, Jakarta Timur, 9 – 12 Mei 2024.

Kejuaraan tersebut diikuti ribuan peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, Jambi, Lampung, Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.

Angga yang memiliki berat 63 kg, tinggi 174 cm, terjun di kelas Kyorugi Prestasi Junior Putra Under 63 kg. Putra kelahiran Kebumen, 06 Juni 2009 ini, menjadi terbaik kedua, meraih medali perak.

Saat ditemui wartawan, Angga mengaku senang dengan pencapaiannya pada kejuaraan ini. Meski demikian, siswa yang akrab dipanggil Angga tersebut mengaku belum puas dengan apa yang telah ia capai.

“Alhamdulillah, seneng bisa dapat juara 2, dan kemarin berhasil mengalahkan lawan yang usianya jauh diatas saya. Tapi capaian ini belum membuat saya puas, saya ingin menjadi yang terbaik di tingkat nasional dan berlanjut lagi di ajang Internasional,” ungkapnya, Sabtu (11/5/2024).

Diakui Angga, perjalanan mencapai final, dilewatinya cukup berat. Lawan yang ia hadapi rata-rata sudah duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Di babak penyisihan, Angga berhasil mengalahkan
Rafa Akbar Arya Putra (Panther).

Berlanjut di semifinal, Angga berhasil menang atas Davin Rasya Fadilah dari Taekwondo Pancasila, yang membuat dirinya masuk final. Di babak final dirinya harus mengakui kehebatan Bayu Saputra dari Sekolah Kejuruan Olahraga (SKO), Solo.

Pencapaian ini diakui sangat mengejutkan. Pasalnya, dirinya mengaku lama tidak berlatih. Siswa yang pernah menjabat sebagai Ketua MPK SMP Presiden (Juni-Agustus 2023) ini sedang fokus belajar untuk persiapan mengikuti seleksi masuk SMA Taruna Nusantara.

“Sebenarnya kaget, karena saya tidak menargetkan dapat juara mas. Kemarin lama tidak latihan sejak Desember 2023. Dan persiapan latihan sebelum mengikuti pertandingan hanya 6 kali, karena focus belajar untuk mengikuti seleksi tes ke SMA Taruna Nusantara,” ucapnya singkat.

Meski junior, prestasi Angga di olahraga taekwondo cukup gemilang. Remaja yang hobinya lari dan berenang ini pernah Juara 1 Try Out Kyurugi di Chadstone Mall pada 30 Juli 2023, Juara di WBM International Taekwondo Championship 2023 Stadium Titiwangsa Kuala Lumpur, Malaysia 16-22 Agustus 2023.

Juara 1 DSS, pada Kejuaraan Taekwondo Walikota Cup Bekasi, 26-27 Agustus 2023. Juara 2 PSS dan Juara 1 DSS di Kejuaraan Nasional Taekwondo Grade C Danrem 052/WKR 2023, 27-29 Oktober 2023. Juara 1 DSS, Liga Taekwondo Tingkat Provinsi DKI Jakarta. Juara 1 PSS , Juara 1 DSS di Kejuaraan Nasional Bekasi Open 2023, November 2023. Juara 1 di Try Out Kyurugi Karawang, Mei 2024.

Diakhir wawancara, Angga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pelatihnya Sabeum Budhi, yang sudah bekerjakeras membimbing dan melatihnya selama 11 bulan.

“Tak lupa ucapan rasa terimakasih saya sampaikan kepada kakak-kakak dan kedua orang tua saya, yang sudah mendoakan serta selalu support Angga hingga mencapai prestasi saat ini,” pungkasnya.

Angga berjanji akan terus giat berlatih agar mampu kejenjang berikutnya yaitu naik sabuk hijau, sabuk hitam, dan mendapat juara di setiap Kejuaraan Taekwondo, baik di tingkat nasional atau international.

Sementara itu, Panglima Kostrad Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa, dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para atlet atas partisipasinya.

Pangkostrad berharap dengan kejuaraan ini mampu menjadikan sebagai wahana untuk menyiapkan bibit-bibit terbaik atlet taekwondo dan sebagai event yang bisa mengukur tingkat kemampuan para atlet. Serta sebagai tolak ukur mengevaluasi pembinaan olahraga taekwondo di Indonesia.

“Melalui event penyelengaraan Kejuaraan Taekwondo Pangkostrad Cup 2024 ini, diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet baru yang berbakat dan berprestasi. Tak hanya di level nasional namun juga di level internasional, sehingga mampu membawa harum nama Indonesia di mata dunia,” ujar Pangkostrad. (*)

Penulis: Heri