banner 970x250
TMMD  

TMMD ke-120 Kodim/ Batam Bersama Dinas UMKM Berikan Penyuluhan UMKM

Penyuluhan UMKM TMMD 120 Kodim 0316/Batam (Foto: Pendim)

BATAM,NUSANTARAPOS,- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tidak hanya melaksanakan pembangunan sasaran fisik, tetapi juga melaksanakan program sasaran nonfisik.

Sasaran non fisik yang dilaksanakan Satgas TMMD ke-120 Kodim 0316/Batam yang saat ini dilakukan, Kamis (16/05/2024) adalah penyuluhan UMKM kepada masyarakat di Kavling Bukit Pelita Indah, Kelurahan Kabil,Kecamatan Nongsa, Kota Batam,Kepri.

Kepala Dinas UMKM Bapak Hendri Arulan selaku narasumber menyampaikan bahwa, Usaha Kecil Menengah (UKM) atau istilah lainnya Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) adalah sebuah bisnis yang dijalankan dengan modal kecil bagi siapapun yang ingin memulai usaha.

Selain itu, usaha UMKM tersebut juga didukung oleh pemerintah melalui berbagai kegiatan, pelatihan, dan lainnya. Dengan modal kecil, UMKM bisa dilakukan dari rumah sendiri dulu. “Inilah yang memunculkan banyaknya ‘home industri’ atau industri rumahan. Jika digeluti dengan baik dan tekun, tentu UMKM bisa menjadi bisnis dengan penghasilan besar.” katanya.

Dengan keterbatasan modal, banyak pelaku usaha yang memulai bisnis dari kecil dengan pengelolaan seadanya dan keahlian terbatas membuat laju pertumbuhan UKM biasanya tidak terlalu cepat. Namun, ada pula yang kemudian menjadi besar dan menghasilkan profit yang lumayan.

Oleh karena itu, bisnis UKM menjadi pilihan masyarakat untuk keluar dari situasi ekonomi yang berat.

Penulis: Joko