banner 970x250
BUDAYA  

Halal Bihalal Srikandi TP Sriwijaya dan HLUN 2024: Memperkuat Lansia Tangguh dan Bermartabat

Ketua Umum Srikandi TP Sriwijaya, Nyimas Aliah SE. S.Sos. M.Ikom (kiri atas 2 dan Ir. H. Herry Bakti S Gumay MM, Pengurus TP Sriwijaya (kiri atas 3) beserta para pengurus dan pengisi acara dalam acara Halal Bihalal Srikandi TP Sriwijaya 2024

JAKARTA,NUSANTARAPOS, – Srikandi TP Sriwijaya menggelar Halal Bihalal dan memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024 dengan mengadakan Talk Show bertema “Menjadikan Lansia Tangguh dan Bermartabat,” dipandu oleh Ketua Umum Srikandi TP Sriwijaya dan menghadirkan narasumber profesional.

Ketua Umum Srikandi Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya, Nyimas Aliah SE. S.Sos. M.Ikom, dalam sambutannya menyatakan, Alhamdulillah, acara ini telah terlaksana.

Lanjutnya, sebulan yang lalu kami melaporkan rencana pelaksanaan Halal Bihalal agar lebih efektif dan efisien.

“Bulan ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang ditetapkan pemerintah setiap tanggal 29 Mei,” ucapnya.

Nyimas Aliah menyebutkan bahwa pemerintah menetapkan HLUN karena peran penting seorang tokoh, Dr. Radjiman Wedyodiningrat, yang saat itu menjabat sebagai ketua tim dalam persiapan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).

Nyimas Aliah melanjutkan, tujuan dari BPUPKI adalah untuk mempelajari hal-hal penting terkait tata pemerintahan Indonesia merdeka. Tugas utamanya adalah menyiapkan organisasi pemerintahan Indonesia yang akan dibentuk oleh Jepang.

“Sehingga, menjadi suatu kehormatan bagi lanjut usia (Lansia) yang masih semangat dan enerjik untuk terlibat dalam persiapan kemerdekaan RI,” ucapnya.

“Selain itu, banyak anggota Srikandi TP Sriwijaya yang sudah mencapai usia lansia dan pra-lansia. Oleh karena itu, bonus demografi ini harus kita ekspos secara berkelanjutan dan menjadikannya isu strategis di Srikandi TP Sriwijaya,” sebut Nyimas saat dijumpai usai acara di gedung RJA DPR RI Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa sore (21/5/2024).

Nyimas Aliah mengungkapkan, pemberdayaan terhadap Lansia juga sangat penting, sehingga tujuan dijadikan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman bagi keluarga, masyarakat, dan lingkungannya sehingga bagaimana cara kita beradaptasi dan berinteraksi dengan para Lansia Nasional.

“Hal ini pun selalu kita dengungkan. Alhamdulillah, kegiatan ini sudah terlaksana untuk kedua kalinya. Tahun lalu, kami memperingati HLUN bersama Dahlia Senja di Limo, Kota Depok,” ujarnya.

“Semoga acara ini lebih bermanfat dan kedepannya merupakan target sasaran program Srikandi TP Sriwijaya. Kegiatan hari ini ada Talk Show yang dibawakan oleh para nara sumber profesional dengan bidangnya masing masing sehingga membuat para hadirin nantinya jadi asyik mengikutinya,” imbuh Nyimas.

Kegiatan ini pun kami laporkan kepada Ketua Umum Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya, karena Srikandi TP Sriwijaya adalah badan otonom dari TP Sriwijaya yang dilantik 2021 lalu dengan masa bakti hingga 2026.

Lebih lanjut, Nyimas Aliah mengatakan bahwa acara hari ini akan dilanjutkan dengan rapat koordinasi nasional (Rakornas), karena beberapa Pengurus Daerah Sumatera Bagian Selatan (Pengda Sumbagsel) hadir dalam acara tersebut. Agenda Rakornas ini mencakup evaluasi serumpun dan program andalan Srikandi TP Sriwijaya.

Alhamdulillah, kehadiran Ibu Hj. Delima Tatung, yang pada usia 94 tahun masih penuh semangat dan energi, memberikan sentuhan istimewa dalam acara ini.

Dalam kesempatan ini, Ir. H. Herry Bakti S Gumay MM, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan 1996 – 2014, serta Pengurus Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya, menyatakan, Kita patut bangga jika membicarakan lansia, seperti yang telah disampaikan Ketum Srikandi TP Sriwijaya. Generasi yang hadir di sini mencakup rentang usia dari generasi 40 hingga generasi 90, menunjukkan keberagaman dan kekuatan luar biasa dalam semangat untuk mendukung para lansia.

Sambungnya, Saya merupakan generasi 70, yang masih termasuk dalam kategori pra-lansia. Yang penting, semangat kami tetap muda. Kita semua tahu bahwa saat ini ada yang berasal dari generasi 90 yang telah menjadi Perdana Menteri. Bahkan di usia 100 tahun, saya telah membaca bahwa masih ada yang aktif menjadi lansia tangguh.

“Semoga Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024 menjadi awal dari berkah yang melimpah bagi kita semua,” pungkasnya dengan tulus. *(Guffe).