banner 970x250

Pameran Indonesia Cosmetics Ingredients Expo & Seminar Ke-13 Digelar 29-31 Mei 2024

Jakarta, Nusantarapos – Untuk mendukung pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia, Persatuan Perusahaan Kosmetik Indonesia (Perkosmi) kembali menyelenggarakan Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI) Expo & Seminar 2024 ke-13 pada 29-31 Mei 2024 di Hall D Jiexpo Kemayoran, Jakarta. Pameran ini dibuka langsung oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

Pameran yang digelar untuk ke-13 kalinya ini mengangkat tema “Innovation and Formulation Trend to Support the Rapid Growth of Indonesian Cosmetic Market” (Tren Inovasi dan Formulasi untuk Membantu Pertumbuhan Pasar Kosmetik Indonesia yang Sangat Pesat), dan diikuti sebanyak 230 perusahaan yang terdiri dari 453 stan pameran, 30 stan finished goods, 14 stan instansi pemerintah dan Universitas, serta menampilkan 29 pembicara seminar dari manca negara, termasuk Indonesia.

Ketua Umum Perkosmi Sancoyo Antarikso mengatakan, “Latar belakang Perkosmi untuk menyelenggarakan tahun ini adalah bagaimana kami sebagai asosiasi kosmetik, yang Alhamdulillah bulan depan akan merayakan ulang tahun ke-47 bisa bersama-sama pemangku kepentingan kosmetik bisa menciptakan iklim perusahaan kosmetik yang kondusif, salah satunya dengan menyelenggarakan ICI ini,” ujarnya saat konferensi pers di depan awak media.

Partisipan utama dalam pameran ini antara lain suplier bahan baku, suplier kemasan, suplier mesin/alat produksi. Mereka berpartisipasi untuk mengenalkan bahan-bahan kosmetik terbaru kepada pelaku bisnis kosmetik Indonesia.

“Harapannya ini bisa menjadi pemicu industri kosmetika terus tumbuh dengan baik di masa mendatang,” ungkapnya.

Di tempat sama, Direktur Pengawasan Kosmetik, Irwan menyatakan bahwa pameran ICI dapat mendukung kegiatan bisnis kosmetik di Indonesia.

“Kami melihat penyelengaraan yang diselenggarakan Perkosmi, tentu kegiatan ini sangat mendukung kegiatan kosmetik di Indonesia, dimana pengusaha kosmetik dapat mendapat bahan-bahan kosmetik yang tentu mendukung usahanya. BPOM sangat mendukung kegiatan ini, bagaimana pelaku usaha dapat produk yang bermutu dan ini menjadi pendukung industri kosmetik nasional,” tandasnya.

Sedangkan Listianawati Setio selaku Commercial Director PT Merpati Mahardika mengungkapkan, “ICI ini ajang untuk bisnis kosmetik dan benar-benar harus selalu ada dan menjadi lebih interaksi antara kita semua yang bergerak di kosmetik. Sekarang maju sekali ICI,” pungkasnya.

ICI 2024 juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik seperti Zona Inovasi yang menampilkan bahan baku terkini termasuk bahan baku yang telah diekspor ke luar negeri; Lab Formulasi yang disediakan untuk beberapa supplier bahan baku sebagai sarana untuk mendemonstrasikan secara langsung formulasi kosmetik kepada pengunjung pameran yang terdaftar. ICI juga menyelenggarakan 26 seminar seputar industri kosmetika yang menghadirkan pembicara dalam dan luar negeri. (Arie)