banner 970x250
BERITA  

Menteri PPPA Ajak Perempuan Saling Menginspirasi dan Saling Dukung

Penyerahan Penghargaan Gatra Citra Perempuan Indonesia (GCPI) 2024 di Jakarta

NUSANTARAPOS. JAKARTA – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengajak perempuan untuk saling menginspirasi dan mendukung satu sama lain. Ajakan ini merupakan bagian dari upaya pemberdayaan perempuan di berbagai bidang, termasuk ekonomi, pendidikan, dan politik.

Ajakan dari Menteri PPPA ini menekankan pentingnya dukungan dan inspirasi antar perempuan sebagai strategi kunci untuk pemberdayaan dan kemajuan perempuan di Indonesia.

Saling menginspirasi tidak hanya akan membantu individu perempuan, tetapi juga akan berdampak positif pada masyarakat secara keseluruhan.

Menteri PPPA. Bintang Puspayoga menyerahkan penghargaan kepada 14 perempuan yang berkontribusi positif dan menginspirasi di berbagai bidang dalam acara penghargaan Gatra Citra Perempuan Indonesia (GCPI) 2024 di Jakarta

“Selamat kepada para penerima anugerah, dengan adanya penganugerahan ini saya berharap dapat semakin meningkatkan komitmen kita untuk terus mendorong dan memperkuat peran perempuan dalam segala aspek kehidupan,” ujar Menteri PPPA dalam siarannya kepada media hari ini

Penghargaan yang diprakarsai bersama oleh Kemen PPPA, Yayasan Duta Indonesia Maju, dan didukung oleh Gatra Media Group diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kerja-kerja baik perempuan

Bentuk apresiasi atas kerja-kerja baik perempuan dalam bentuk diplomasi seni dan budaya, kesehatan, lingkungan, bisnis pertanian, kecantikan, karya busana, inovasi pengembangan dalam bidang sosial-ekonomi-pendidikan-keagamaan, dan penanaman nilai-nilai nasionalisme.

Menteri PPPA menuturkan, kegiatan ini memiliki pesan kunci yakni sebagai upaya untuk menginspirasi. Memberikan inpirasi kepada para perempuan dan mengugah kesadaran publik akan persepsi dan anggapan tentang kedudukan dan peran perempuan.

Lanjutnya, begitu banyak perempuan Indonesia yang memiliki kesadaran dan keinginan untuk maju. Namun seringkali mimpi perempuan tertutupi oleh paham budaya serta rentan mengalami kekerasan.

“Para perempuan yang menginspirasi inilah yang sesungguhnya memiliki kekuatan bagi perempuan lain untuk meyakinkan dirinya. Perempuan menginspirasi perempuan,” jelas Menteri PPPA.

Menteri PPPA turut menyampaikan apresiasi kepada Founder dan Ketua Umum Yayasan Duta Indonesia Maju, Ibu Lisa Ayodhia, yang telah menggagas acara ini khususnya dalam mendorong, mempromosikan, dan menjangkau perempuan-perempuan berbakat untuk sama-sama berkarya dan tampil sebagai perempuan yang menginspirasi perempuan lainnya.

Menteri PPPA menuturkan, semoga penganugerahan ini dapat terus berlangsung, untuk semakin menjaring perempuan inspiratif dan memperkuat solidaritas di antara sesama perempuan. Teruslah berkarya, teruslah menginspirasi, dan teruslah menjadi teladan bagi kita semua.

“Semoga apa yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan khususnya bagi kaum perempuan,” tutur Menteri PPPA.

Penerima penghargaan Gatra Citra Perempuan Indonesia (GCPI) 2024 untuk kategori penghargaan Adhi Bhakti Krama Pertiwi atas pengaruhnya pada lingkungan yakni Ala Alatas, Jeannie Kurniawan, Meiline Ternadi.

Ketegori Adhi Bhakti Karya Citra diplomasi seni (rupa) yakni Dr. Anna Sungkar. Kategori penerima Adhi Bhakti Karya Usadha atas pengaruhnya di dunia kesehatan yakni Psikolog Dra. A. Kasandra Putranto, dr. Wenny Tan, FINEM, dan dr. Widya Rahayu Arini Putri.

Ketegori Adhi Bhakti Handayani atas prestasinya menanamkan nilai-nilai nasionalisme yakni Ir. Lenywati, Dipl.Cidesco. Penerima kategori Adhi Bhakti Karya Niaga atas pemajuan dalam bidang bisnis pertanian yakni Lucy Tedjasukmana.

Penerima kategori Adi Bhakti Kriya Busana yang sukses dibidang fashion atau busana yakni Nila Baharuddin. Penerima Adhi Bhakti Prana Anindya untuk inovasi dan pengembangan kecantikan yakni Nita Puspa Sari.

Penerima Adi Bhakti Nawasena yang aktif memberikan motivasi masa depan yang cerah yakni Paula Fransiska. Penerima Adhi Bhakti Prana Niaga, Pendidikan, Sosial dan Kemanusiaan atas semangat dan prestasinya dalam pengembangan ekonomi, pendidikan, sosial hingga kemanusiaan yakni Ir. Hj. Nur Saadah. *(Guffe).