TMMD  

Kasdam tutup TMMD 104 Di Kodim 1422 Maros

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 di wilayah Kodim 1422/Maros, resmi ditutup oleh Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Budi Sulistijono, bertempat lapangan sepak bola Desa Bontomanai Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros, Rabu (27/03).

Penutupan TMMD tersebut, ditandai dengan penandatangan naskah berita acara penyerahan hasil TMMD ke-104 tahun 2019, dari Dandim 1422/Maros Letkol Inf Farid Yudho Dwi Leksono selaku Dansatgas TMMD, kepada Wakil Bupati Maros Drs. H. Andi Harmil Mattotorang, M.M. dan dilanjutkan dengan penanggalan tanda peserta Satgas oleh Kasdam XIV/Hasanuddin.

Dandim 1422/Maros dalam laporannya menyebutkan, bahwa pelaksanaan TMMD ke-104 di wilayah Maros berlangsung selama 30 hari dari tanggal 26 Februari sampai dengan 27 Maret 2019, bertempat di Desa Bontomanai dan Desa Bontomatinggi Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Dengan hasil pencapaian 100 %, baik sasaran kegiatan fisik maupun non fisik.

Dalam amanat tertulisnya, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD yang dibacakan Kasdam menyatakan, TMMD yang diprogramkan tiga kali tahun 2019 ini merupakan wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga negara lainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

Sejalan tema TMMD kali ini, “Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang tehnologi, ekonomi dan sosial budaya. Untuk itulah, selama TMMD ini para prajurit TNI hadir di tengah-tengah rakyat menyebarkan semangat gotong royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan”, ujar Kasad.

“Pertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat yang telah kita rasakan selama kegiatan TMMD, sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan bangsa kita”, tambahnya.

Diakhir amanatnya, Kasad selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak, terutama pemerintah daerah dan masyarakat atas segala dukungannya, sehingga kegiatan TMMD ke-104 dapat terselenggara dengan lancar dan mencapai target yang diharapkan.

Usai menutup TMMD, Kasdam langsung meninjau lokasi TMMD, selesai meninjau Kasdam melanjutkan kegiatan penyerahan kartu keluarga asuh Tentara Manunggal Membangun Desa, Penyerahan piagang penghargaan saka wira kartika dan dilanjutkan penyerahan tali asih kepada warga yang rumahnya ditempati personel Satgas, selama pelaksanaan TMMD berlangsung, dan dilanjutkan menyaksikan pertunjukan marawis dari murid-murid TPA Al-Haadi binaan Kodim 1422/Maros.

Turut hadir dalam penutupan, Aster Kasdam, Kapendam, Danbrigif Para Raider-3/TBS, Kasrem dan para Dandim jajaran Korem 141/Toddopuli, Dansat Pom Lanud Sultan Hasanuddin, Kapolres Maros, Ketua DPRD Maros, Kajari Maros, dan para Forkopimda Kabupaten Maros, serta para tokoh masyarakat, adat dan agama se Kabupaten Maros.