TMMD  

Usai TMMD, Warga Desa Blukbuk Janji Akan Rawat Jalan

Pengecoran jalan Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang oleh Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa nyaris selesai.

Dari 1.130 panjang jalan, saat ini satgas telah berhasil menyelesaikan 70 persen pengecoran jalan. Pekerjaan itu diselesaikan dalam 17 hari kerja.

Selain dikerjakan personel satgas dari TNI, warga setempat pun bahu-membahu membantu pengecoran jalan yang menghubungkan 4 desa di Kecamatan Kronjo itu.

Salah satu warga tersebut, Pendi (35). Sejak kegiatan bergulir 10 Juli lalu, ia selalu terlihat di lokasi.

Kepada awak media, pria yang dilahirkan di Desa Blukbuk itu mengatakan ia merasa bangga desanya terpilih menjadi lokasi TMMD. Sebab, kata dia, ia bersama warga desa itum telah lama menantikan jalan desa tersebut tersentuh pembangunan.

“Sudah sering diusulan melalui Musrebang (musyawarah rencana pembangunan), tapi enggak pernah lolos. Akhirnya ya gak dibangun-bangun, sampai ada program TMMD ini,” ujarnya, Sabtu (27/7/2019).

Pendi menambahkan, karena ia lama menantikan jalan tersebut dicor, ketika program TMMD berlangsung, dirinya merasa tergerak untuk membantu satgas membangun jalan desanya itu.

“Ya kebetulan saya lagi enggak ada kerjaan, jadi saya gunakan waktu saya untuk bantu-bantu deh,” tambahnya.

Ia juga mengaku, setelah selesai dibangun, warga setempat akan merawat jalan itu sebaik mungkin.

“Kami pasti merawatnya, kalau enggak kami juga yang rugi. Soalnya yang butuh dan pake jalan ini kan kami. Pokoknya kami janji akan merawat jalan ini,” pungkasnya.

Dansatgas TMMD 105 Kronjo Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon mengatakan, setelah jalan itu difungsikan, warga dapat merawat jalan itu dengan memperhatikan beban muatan kendaraan. Pasalnya, kata dia, pemicu kerusakan jalan salah satunya tidak seimbangnya antara kelas jalan dengan tonase kendaraan yang melintas.

“Tapi saya yakin tidak ada kendaraan tonase sangat berat yang melintas di sini, namun jika pun ada, warga bisa melakukan kontrol secara mandiri,” pungkasnya. #Kodim 0510/Tigaraksa,