TMMD  

Bedah Rumah Jumroh, Satgas: Kami Persembahkan yang Terbaik

Sersan Wayan, salah seorang personel satuan tugas (satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa yang mendapatkan tugas membedah rumah Jumroh (58).

Rumah warga tak mampu itu kini penampakannya telah berbeda dengan kondisi sebelumnya. Jumroh akan memiliki rumah permanen yang layak huni.

Wayan mengaku turut bangga ketika ditunjuk sebagai salah seorang yang membedah rumah itu. Ia mengaku turut prihatin dengan kondisi kemiskinan yang melanda Jumroh.

“Saat survei awal, saya sempat tidak percaya Ibu Jumroh mampu bertahan di rumah seperti itu, karena bagaimana mau nyaman, rusak di sana-sini, juga hampir roboh,” kata Wayan saat tengah beristirahat di sela-sela aktivitasnya di lokasi TMMD itu, Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Sabtu (27/7/2019).

Wayan melanjutkan, setelah survei itu, ia mendapatkan perintah dari komandan peletonnya (Danton) untuk menjadi tim bedah rumah tersebut. Sontak, ia pun kegirangan.

“Saya merasa bisa turut memberikan sesuatu buat Ibu Jumroh. Kami ingin mempersembahkan yang terbaik untuknya,” tambahnya.

Maka, kata dia, ketika pekerjaan bedah rumah mulai dilakukan, rasa senang itu kian bertambah saat telah menyaksikan sendiri hasil pekerjaan itu.

“Saya tak lagi sekedar memimpikan Ibu Jumroh tak lagi kebocoran dan kedinginan, tapi memang nyatanya ia segera memiliki rumah yang lebih layak,” ujarnya.

Sebelumnya, Dansatgas TMMD 105 Kronjo Letkol Inf Parada Warta Nusantara mengatakan memberikan perhatian khusus pada bedah rumah itu. Saat ini, proses rehab rumah telah mencapai sekitar 50 persen.

““Kami memang menurunkan personel satgas TMMD ahli pertukangan untuk mempercepat bedah rumah Ibu Jumroh. Hasilnya sudah terlihat,”ujar Parada.

Parada mengaku lega melihat hasil kerja personelnya. Sebab, kata dia, bedah rumah Jumroh menjadi salah satu prioritasnya di bakti fisik TMMD itu. Parada beralasan, selain ketersediaan akses jalan desa yang baik yang tengah dikerjakan personelnya, rumah yang layak huni juga menjadi kebutuhan dasar bagi setiap warga.

“Seperti kita ketahui, Ibu Jumroh ini telah lama mendambakan memiliki rumah layak huni. Namun karena keterbatasan kemampuan ekonomi, ia hanya mampu berdoa dan berdoa. Rupanya, doanya itu terkabul melalui program TMMD ini. Tentu ini sangat menyentuh hati. Ini adalah panggilan kemanusiaan yang harus kami penuhi,” beber Parada. #Kodim 0510/Tigaraksa.