TMMD  

Kapendam Jaya : 4 Pilar Kebangsaan Harus Ditanamkan Sedini Mungkin

Pilar kebangsaan seperti Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika, harus ditanamkan sejak dini kepada generasi muda sebagai kekayaan bangsa dan modal untuk bersatu.

Hal itu disampaikan Kapendam Jaya Kolonel Inf Kristomei Sianturi melalu keterangan pers, Jumat (26/7).

Menurutnya, salah satu kegiatan non fisik TMMD Kodim Tigaraksa adalah memberikan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut kepada para pelajar. “Generask muda saat ini harus semakin dikokohkan nasionalismenya di tengah tantangan globalisasi informasi untuk menangkal berbagai tantangan yang tengah dihadapi bangsa Indonesia saat ini,” sebutnya.

Mudahnya generasi muda mengakses berbagai informasi di media sosial, lanjutnya, harus dibekali pengetahuan untuk dijadikan tameng atas beredarnya paham yang tidak sejalan dengan ideologi dan falsfah bangsa.

Lamjutnya, Satgas TMMD hari ini (26/7) memberikan sosialisasi kepada siswa SMAN 10 Kabupaten Tangerang tentang Empat Pilar Kebangsaan yang dismapaikan Kapten Arh Aris Supriyadi dari Bintaldam Jaya.

Kegiatan yang dibesut Kodim 0510/Tigaraksa itu mendapatkan perhatian antusias dari puluhan pelajar sekolah setempat.

Usai mengikuti sosialisasi, Andri, pelajar kelas 2 SMAN 10 Kabupaten Tangerang, pengetahuan terkait Empat Pilar Kebangsaan menurutnya sangat penting. Karena, kata dia, sebagai pelajar perlu memahami dan mendalami materi tersebut.

“Tadi saya mendapatkan pengetahuan baru terkait Empat Pilar Kebangsaan. Selama ini, mungkin sudah dapat di sekolah. Tapi pemaparan materi tadi lebih dalam dan lengkap,” katanya.

Senada, Desi, pelajar kelas 2 di sekolah itu mengatakan hal serupa. Menurutnya, sosialisasi seperti ini perlu dilakukan kepada semua remaja di Indonesia. Kata dia, pengetahuan terkait ketatanegaraan penting bagi remaja, agar kelompok usia yang sering disebut milenial itu, bangga menjadi warga negara Indonesia.

“Kalau kita bandingkan dengan bangsa lain, Empat Pilar Kebangsaan yang kita miliki lebih lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bangsa Indonesia,” ujarnya.