TMMD  

Dansatgas TMMD Kodim 0510/Tigaraksa: Milenial Harus Punya Multitalenta

Kaum milenial di abad digital ini harus memiliki beragam keahlian, salah satunya kemampuan berbicara di depan umum ( public speaking ). Talenta ini bisa menjadi bekal hidup di era yang cepat berubah ini.

Keterampilan public speaking dikatakan Dr. Endah Muwarni, personel Satuan Tugas (Satgas) Non Fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa, adalah skill yang tidak dapat tergantikan meski teknologi berkembang pesat.

“Public speaking keterampilan khusus, sangat diperlukan di era di saat teknologi berkembang pesat ini, karenanya menyangkut keterampilang bernegosiasi dan berbagi,” ujar Endah dihadapan puluhan siswa SMAN 10 Kabupaten Tangerang, Jumat (26/7/2019).

Keterampilan itu, lanjut Endah, semakin banyak dibutuhkan. Sebab, selain berguna bagi diri sendiri, juga menjadi lahan pekerjaan profesional yang dapat mendulang pundi-pundi rupiah.

“Kelebihan manusia dibandingkan makhluk ciptaan Tuhan lainnya adalah kemampuan berbicara. Setiap orang saling berkomunikasi. Bayangkan, berapa kegiatan dan acara yang membutuhkan orang yang memiliki keterampilan public speaking ,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Endah, keterampilan public speaking juga dapat meningkatkan kepercayaan diri remaja. Sebagai generasi penerus bangsa, kata Endah, remaja harus dibekali kemampuan memimpin sejak dini. Sementara, seorang pemimpin harus memiliki keterampilan berkomunikasi dengan baik.

“Kami harapkan, setelah pelatihan ini, kemampuan memimpin adik-adik meningkat, terutama memimpin diri sendiri mewujudkan cita-cita,” ujarnya.

Terpisah, Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara mengatakan, masuknya materi public sepaking dalam program TMMD itu, karena pihaknya merasa penting membekali remaja dengan keahlian tersebut.

Kata Parada, di era industri 4.0 ini, kaum milenial harus memiliki multitalenta. Kemampuan itu, kata dia, akan sangat berguna bagi kehidupan mereka kelak setelah terjun ke tengah-tengah masyarakat.

“Tentunya, kita harus mencetak sebanyak-banyaknya calon pemimpin yang memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik. Sehingga mereka bisa mendorong kehidupan di masyarakat sebagaimana yang dicita-citakan para pendiri bangsa Indonesia ini, salah satunya mewujudkan kesejahteraan rakyat,” pungkasnya. #Kodim 0510/Tigaraksa.