TMMD  

Bikin Bangga, Kakek ini Giat Membantu Satgas TMMD 105 Kronjo

Kemampuan fisik yang menurun karena faktor usia tidak membuat Nurdin, 75, berpangku tangan saat di desanya, Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang berlangsung Bakti Fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa.

Sejak salah satu kegiatan TMMD bergulir, yakni pengecoran jalan desa, Nurdin selalu aktif bergotong royong membantu personel TNI.

Kakek yang telah memiliki 4 cucu itu mengaku bangga bisa mendarmabaktikan waktunya untuk kegiatan yang dibesut Kodim 0510/Tigaraksa sejak 10 April 2019 itu.

“Saya enggak bisa diem aja, kan jalan ini untuk kepentingan umum. Saya merasa wajib ikut membantu meski dengan keterbatasan kemampuan fisik saya,” katanya.

Setiap hari, lanjut Nurdin, ia mengerjakan pekerjaan ringan, seperti membantu memasang bekisting (papan cor), membuat patok bekisting, atau memasang pelastik alas cor.

“Kerjaan ringan kok, enggak butuh tenaga banyak,” tambahnya.

Nurdin juga mengaku, justru dengan banyak bergerak, ia mengumpamakan aktivitasnya itu sebagai pengganti berolahraga.

“Kalau pagi kena sinar matahari kan bagus buat orang seusia saya. Jadi, saya anggap saja sambi berolahraga,” selorohnya.

Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampublon, Dansatgas TMMD 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa mengaku turut bangga dan terharu dengan pengorbanan Nurdin untuk kegiatan tersebut.

Parada mengatakan, sosok seperti Nurdin patut diteladani di era seperti saat ini. Karena kata Parada, nilai-nilai keikhlasan, ketulusan dan kebesaran hati mendarmabaktikan diri untuk kepentingan bersama merupakan pengalaman falsafah bangsa Indonesia, yaitu Pancasila.

“Sikap hidup demikian harus mengakar dan terpatri dalam hidup para generasi penerus bangsa ini. Rendah hati, suka menolong dan mengutamakan kepentingan umum merupakan nilai-nilai keutamaan yang harus kita praktikkan seperti dilakukan Pak Nurdin di kegiatan TMMD ini,” kata Parada. #Kodim 0510/Tigaraksa.