TMMD  

“Tingkatkan Kenyamanan, Satgas TMMD 105 Kronjo Lebarkan Jalan Desa Blukbuk*

Selain mengecor jalan Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Satgas TMMD 105 Kronjo juga melebarkan jalan yang menjadi akses penting warga setempat itu.

Pelebaran jalan itu sekitar satu meter. Jalan yang menghubungkan 4 desa di Kecamatan Kronjo itu awalnya hanya sekitar 3 meter.

Pelebaran dilakukan dengan menambah luas badan jalan pada kiri dan kanan jalan. Selain pengurukan, pantauan awak media, juga dilakukan pemasangan batu penahan pada titik lokasi yang rawan longsor.

“Kondisi jalan tidak semuanya rata, sehingga pada beberapa titik harus diturap sebagai penahan jalan agar tidak longsor,” ujar Perwira Sektor Teritorial (Pasiter) Kodim 0510/Tigaraksa Kapten Arm Hari Subagijono, Minggu (28/7/2019).

Hari menambahkan, turap itu dipasang pada titik lokasi dimana ketinggian badan jalan lebih tinggi dibandingkan area di kiri dan kanannya.

“Karena sebagian melintasi sawah, posisi jalan berada diatas. Juga ada titik yang kiri dan kanannya lebih rendah, sehingga kami pasang batu sebagai penguat,” jelasnya.

Sementara, Dansatgas TMMD 105 Kronjo Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon mengatakan, dari 1.130 meter jalan yang dicor, hanya pada titik Kampung Blukbuk Luwung pihaknya tidak bisa melakukan pelebaran. Sebab, tidak tersisa garis sempadan jalan di sepanjang sekitar 200 meter jalan itu.

Sementara, sisanya, jalan tersebut bisa dilebarkan hingga sekitar satu meter.

“Awalnya lebar jalan hanya sekitar tiga meter, lalu kami tambah menjadi empat meter untuk meningkatkan kenyaman masyarakat saat menggunakannya,” kata Parada. #Kodim 0510/Tigaraksa.