TMMD  

Dibekali Satgas TMMD Ilmu Berternak, Warga Blukbuk: Ternak Saya Jadi Lebih Baik

Aktivitas personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa tak hanya mengecor jalan dan merehab rumah warga tidak mampu. Sebagian dari mereka juga turut membaur bersama warga setempat yang berprofesi sebagai peternak.

Beragam pengetahuan berternak ditularkan kepada warga setempat, salah satunya Holil.

Kepada wartawan, Holil mengatakan, awalnya ia berternak kambing hanya untuk mengisi waktu luang disamping kebiasaan warga desa yang memiliki peliharaan hewan.

Namun, seiring dengan waktu, jumlah kambing yang dimilikinya semakin bertambah, sehingga akhirnya ia menekuni profesi sebagai peternak kambing.

Namun, ia menjalani profesi itu hanya bermodalkan pengetahuan ala kadarnya. Sehingga, ia hanya memelihara hewan ternaknya dengan model tradisional.

“Pas saya dikasih tahu sama bapak tentara, ternyata berternak kambing juga ada ilmunya, dari sana saya baru tahu,” ujarnya, Jumat (2/8/2019).

Selama 21 hari terakhir, Holil pun mengaku banyak menyerap pengetahuan dari personel Satgas TMMD yang hampir setiap hari menemaninya di ladang maupun berkunjung ke rumahnya.

“Saya banyak ngobrol soal ternak kambing, ternyata banyak ilmu yang saya dapatkan dari bapak tentara,” tambahnya.

Usai menerima banyak pengetahuan itu, Holil mengatakan akan menerapkannya, sehingga hasil ternak kambingnya bisa terus berkembang.

“Ya pengen kambingnya sehat, gemuk dan tambah banyak,” pungkasnya.

Dansatgas TMMD 105 Kronjo Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon mengapresiasi aktivitas personelnya tersebut.

Letkol Parada mengatakan, selain membangun fisik di Desa Blukbuk, personel Satgas TMMD 105 Kronjo juga diberikan kewajiban untuk membangun sumber daya manusia desa setempat.

“Peternak di sana rata-rata masih otodidak, dengan dibekali pengetahuan berternak, kami harapkan hasil peternakannya menjadi lebih baik lagi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga,” pungkasnya. #Kodim 0510/Tigaraksa.