TMMD  

Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

BITUNG – Bertindak sebagai Irup Mayjen TNI Tiopan Aritonang, S.I.P (Pangdam XIII/Merdeka), menutup pelaksanaan Program TMMD ke-105 TA. 2019 Kodim 1310/Bitung, yang berlangsung di Lapangan Bola Sari Cakalang Kelurahan Madidir Ure Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, (8/8/2019).

Pada upacara tersebut, sebagai Komandan Upacara dijabat Dandim 1302/Mnahasa Letkol Inf Slamet Rahardjo, S.Sos, M.Si, serta selaku Perwira Upacara Pabung Minut Kodim 1310/Bitung, Mayor Inf Richard Pusung.

Pangdam XIII/Mdk (Mayjen TNI Tiopan Aritonang, S.I.P) dan Ibu Ketua Persit KCK Daerah XIII/Mdk (Ny. Linda Tiopan Aritonang) bersama rombongan tiba di lokasi Penutupan TMMD Ke- 105 Kodim 1310/Bitung didampingi Danrem 131/Stg dan Walikota Bitung serta disambut dengan pengalungan bunga dan tarian Kabasaran.

Usai laporan Danup kepada Irup dilanjutkan Pemeriksaan Pasukan, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos. membacakan laporan singkat Pelaksanaan Kegiatan TMMD Ke-105 Kodim 1310/Bitung, dilanjutkan penandatanganan Naskah TMMD.

Pangdam XIII/Merdeka dalam amanat yang dilanjutkan pernyataan resmi Penutupan TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung TA. 2019, mengatakan, Puji dan syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan kasih-Nya sehingga pada hari ini kita dapat menutup kegiatan TNI Manunggal membangun desa atau yang dikenal dengan TMMD ke – 105 tahun anggaran 2019 dengan tertib aman dan lancar.

Tema TMMD ke-105 tahun ini adalah “Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”, sejalan dengan visi pemerintah yaitu membangun Indonesia dari pinggiran, karena TMMD fokus pada daerah-daerah terpencil yang relatif kurang tersentuh pembangunan .

Peserta upacara yang saya hormati, disetiap kegiatan TMMD kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan gotong royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat Prajurit TNI dan masyarakat serta aparat terkait yang bekerja di lapangan, ini adalah refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa untuk membangun Indonesia semangat kebersamaan seperti inilah yang menjadi hakikat kemanunggalan TNI rakyat guna menggerakkan seluruh potensi wilayah untuk mewujudkan kekuatan Pertahanan Nasional yang kokoh.

Selama satu bulan penuh para prajurit TNI dan Polri telah bekerjasama sama dengan masyarakat dan komponen bangsa lainnya serta instansi pemerintah untuk menyelesaikan seluruh sasaran kegiatan, kesemuanya ini dapat tercapai tentunya berkat semangat gotong royong dan kerjasama yang baik dan harmonis di antara seluruh satuan tugas Instansi terkait selaku penanggung jawab keberhasilan operasi TMMD di wilayah Kodam XIII/Merdeka.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas hasil yang telah dicapai oleh satuan tugas TMMD beserta seluruh warga masyarakat kota Bitung dan sekitarnya. Saya yakin keberhasilan ini tak lepas dari partisipasi aktif dan dukungan dari pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat serta instansi terkait,” ungkap Pangdam.

Selanjutnya kepada pemerintah kota Bitung dan masyarakat setempat saya menyerahkan hasil karya TMMD ke-105 ini, untuk dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya agar dapat memberikan nilai guna yang tinggi bagi kesehatan masyarakat. Dan apabila selama pelaksanaan TMMD ini terdapat perbuatan dan tutur kata maupun tingkah laku para anggota prajurit dan Bhayangkara yang tergabung dalam satuan tugas TMMD ini, yang kurang tepat ataupun tidak berkenan di hati bapak dan ibu sekalian, dengan kerendahan hati saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

“Akhirnya dengan memohon ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, pada hari ini Kamis, 8 Agustus 2019 Pukul 09.40 Wita, Tentara Manunggal Membangun Desa ke-105 tahun 2019 secara resmi saya nyatakan ditutup. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan petunjuk dan bimbingannya kepada kita sekalian, terlebih melakukan pengabdian yang terbaik bagi nusa dan bangsa,” tutup Mayjen TNI Tiopan Aritonang, S.I.P.

Upacara selesai, dilanjutkan dengan Acara Tambahan Penandatanganan Prasasti Kantor Tiga Pilar oleh Pangdam XIII/Mdk, Penyerahan Sembako, Alat penetasan Telur dan Alat tulis secara simbolis, Atraksi Drum Band dari SMP Negeri 1 Kota Bitung, Tarian Kaka Enda dari ASN Kec. Ranowulu, di bawah pimpinan Camat Ranowulu, Tarian Masamper oleh para Siswa/siswi se-Kota Bitung kurang lebih 490 orang.

Pangdam dan rombongan meninjau stand (tenda) bakti sosial yang meliputi, Kegiatan Festival, Pembagian Sembako, Pengobatan Gratis, Pelyanan KB Gratis, Basar Murah, Donor Darah dan Sunatan Massal, dilanjutkan makan bersama.