DANPUSTERAD : Optimalkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Guna Menjaga Kedaulatan NKri

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Bertempat di Aula Gajah Mada Mapusterad Jln Raya Setu No 27 Cipayung Jakarta Timur, Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat, Mayjen TNI Arif Rahman. M. A beserta segenap keluarga besar Pusterad menggelar acara Komunikasi Sosial dengan Komponen Bangsa, dengan menghadirkan beberapa tokoh diantaranya Ibu Prof. DR. Tri Nuke Pudjiastuti. M.A. dari LIPI, Prof. DR. Ir. Dadan Umar Daihani, D…E.A. dari Lemhannas. Rektor Universitas Indonesia yang diwakili Purek I, Bidang Kemahasiswaan, Prof. DR. Bambang Wibawarta. S.S., M.A.. Bupati Pandeglang, lbu Hj. Ima Narulita, S.E., M.M., Para Paban Komsos masing-masing dari Aster Panglima TNI, Aster Kasad, Aster Kaskostrad, Aster Danjen Kopassus, Aspotmar dan Aspotdirga dan dari Mabes Polri maupun Polda Metro Jaya, Selasa (27 Agustus 2019).

Kegiatan yang juga dihadiri ketua PEBABRI, ketua PPAD, ketua FKPPI, ketua HIPAKAD, ketua Kwarcab Pramuka, Para Aster Kasdam dan Kasiter Korem seluruh jajaran TNI AD di tanah air serta perwakilan mahasiswa dari 81 Universrtes Negeri dan Swasta seluruh lndonesia ini, pada Panel Diskusi di Moderatori oleh Eva Yulianti Yunizar dari CNN TV.

Danpusterad Mayjen TNI Arif Rahman, M. A dalam sambutannya mengatakan, Tema dari kegiatan ini adalah “Melalui Kegiatan Komunikasi Sosial dengan Komponen Bangsa, Kita Optimalkan Kemanunggalan TNl-Rakyat Guna Menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, dimana konsep jati duri TNI AD adalah dengan mengedepankan Komunikasi Sosial yang humanis terhadap masyarakat dan lingkungannya.

Ditambahkannya pula, menjadi tugas kita bersama untuk tidak pernah berhenti dalam mengisi kemerdekaan ini dengan ikut serta nyata membangun bangsa sesuai dengan tugas dan tanggung jawab, peran dan fungsinya masing-masing guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur sejahtera.

Lebih jauh Danpusterad mengatakan, berbagai ancaman, gangguan dan hambatan menerpa bangsa ini silih berganti yang semuanya berpotensi membahayakan terhadap keselamatan bangsa, keutuhan dan kedaulatan negara serta persatuan kita bahkan menjadi ancaman nyata terhadap keutuhan NKRI.

Disinggung pula dengan berakhirnya pesta demokrasi yaitu pemilihan Pilleg, DPD dan Pilpres dengan lancar dan aman menunjukkan kedewasaan masyarakat kita disertai harapan kepada tokoh nasional baik tokoh politik, cendikiawan, budayawan tokoh agama, masyarakat dan pemuda serta mahasiswa untuk dapat menciptakan suasana yang sejuk dan kondusif, sehingga tidak menimbulkan kontroversi dan kegaduhan yang mengakibatkan masyarakat menjadi terbelah dan rentan terjadinya konflik di masyarakat.

Di akhir sambutannya, Danpusterad juga berharap, hendaknya seluruh komponen bangsa, para mahasiswa dengan semangat juangnya. idealisnya agar selalu mengikuti perkembangan yang terjadi baik lingkungan strategis maupun global lainnya agar tidak tertinggal dalam mengantisipasi setiap perkembangan ancaman yang terjadi.

Hal ini sejalan dengan Tema Ulang Tahun RI Ke-74 yaitu “Sumber Daya Manusia Unggul lndonesia Maju”, sehingga pembangunan SDM kita jadikan prioritas utama dengan tujuan membentuk SDM Indonesia yang unggul berjiwa nasionalis. militan dan memiliki jiwa Pancasila, tutupnya. (Red).