DAERAH  

Wujudkan Rumah Layak Huni, 300 KK Di Lampura Terima BSPS

Nusantarapos,- Mewakili Bupati Lampung Utara (Lampura), Assisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra, Toto Sumedi, buka Sosialisasi sekaligus menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Regular Tahap II Tahun Anggaran 2019, di Aula Serba Guna gedung Islamic Center Kotabumi Kabupaten setempat. Selasa (3/9/2019).

“Keberadaan rumah yang layak huni menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Sebab dengan rumah yang layak dan sehat, tentu akan menghasilkan aktivitas yang positif dan produktif, sedangkan rumah yang tidak layak huni akan dapat menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat,” tutur Toto dalam sambutannya.

Lebih dalam Assisten II ini memaparkan, dengan adanya program padat karya disektor penyediaan perumahan, diharapkan akan mampu membantu masyarakat untuk memiliki rumah yang layak huni dapat terselesaikan, sehinga akan terwujud kesejahteraan sosial, sebagaimana yang diharapkan oleh seluruh masyarakat.

Sedangkan melalui program BSPS ini, tentu berdampak terhadap penanggulangan kemiskinan, sebab dengan adanya program BSPS akan dapat meringankan beban masyarakat, sehingga kebutuhan lainnya juga dapat terpenuhi.

“Saya sangat optimis, jika Program BSPS ini kita laksanakan secara benar dan sungguh-sungguh, maka akan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan,” katanya.

Diakhir sambutannya, Asisten II mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung program BSPS agar masyarakat di Lampura dapat semakin maju, makmur dan sejahtera.

“Selamat kepada para penerima bantuan. Semoga bantuan ini, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan kita bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Lampura, D. Adrian Nadirsyah, dalam laporannya, menyampaikan bahwa Program Bantuan BSPS terlaksana sebagai upaya guna mewujudkan visi Kabupaten Lampura tahun 2014-2019, khususnya pada misi ketiga yang menjadi salah satu tugas Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

“Tujuan kegiatan ini adalah terbangunnya rumah-rumah yang layak huni, bersih, sehat, serasi, teratur serta berkelanjutan bagi seluruh masyarakat Lampung Utara,” ungkapnya.

Sedangkan total pembagian bantuan pembangunan fisik Program BSPS lanjutan Tahun 2019, sambung Adrian, sebanyak 300 unit Rumah, untuk 15 Desa dan Kelurahan tersebar dibeberapa kecamatan dengan nilai bantuan perkeluarga yakni sebesar Rp. 17.500.000 untuk peningkatan kualitas rumah.

Senada juga disampaikan Satuan non vertikal tertentu penyedia Perumahan Provinsi Lampung PPK rumah swadaya, M. Sahwidin Ridho, sasaran penerima bantuan ini, adalah yang berpenghasilan rendah, serta berharap program BSPS dapat dipertahankan dan selalu mendapat dukungan dari segala pihak.

“Alhamdulillah, program ini di Lampung Utara sudah sukses,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dilakukan penyerahan secara simbolis BSPS Reguler tahap II Tahun Anggaran 2019, kepada 300 penerima bantuan dengan jumlah bantuan sebesar Rp. 17.500.000 per Kepala Ke (KK) oleh Asisten II Bidang Ekonomi pembangunan dan Kesra Lampura. (RH).