DAERAH  

Forkopimda Gencar Lakukan Road Show Jelang Pilkada

Nusantarapos, – Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Batang, gencar melaksanakan Road Show silaturahmi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan berlangsung pada 29 September 2019 mendatang.

Bupati Batang Wihaji mengatakan sangat mengapresiasi Kapolres Batang yang menginisiasi membangun silaturahmi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Batang, agar tetap aman, kondusif dalam pelaksanaan Pilkades di 206 desa.

“Kepedulian Kapolres menjaga Batang sangat luar biasa, beliau mau bercapai-capai silaturahmi ke desa – desa hanya menginginkan Pilkades yang beradab dan bermartabat tanpa money politik,” kata Bupati Wihaji saat menghadiri silaturahmi Kamtibmas di Mulia Resto, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Selasa (10/9/19).

Oleh karena itu, Wihaji mengajak agar semangat Kapolres Batang harus didukung bersama oleh semua pihak. Dengan melibatkan semua tokoh agama. Tokoh masyarakat dan semua komponen untuk berkomitmen menciptakan situasi yang aman, kondusif demi terlaksananya pilkades yang beradab dan bermartabat.

“Harapan saya pilkades serentak ini menyenangkan dan tanpa politik uang (money politik) dan untuk kemaslahatan desa. Jadikan demokrasi pilkades yang menggembirakan bagi warganya,”‘pintanya.

Bupati juga meminta kepada desa yang akan melaksanakan Pilkades untuk meniru Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah, karena telah berhasil menggelar Pilkades tanpa money politik.

Sementara itu, Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga mengatakan, Pilkades serentak merupakan hajat bersama, oleh karena itu harus ada kepedulian untuk mensukseskannya, agar berjalan beradab dan bermatabat dan tanpa money politik.

“Ikuti proses sesuai regulasi, silahkan berkompetisi tapi hindari aksi provokatif dan intimidasi dengan menggunakan aksi masa dan jangan menyerang dengan isu – isu yang dipaksakan,” kata AKBP Edi S Sinulingga.

Kapolres juga mengingatkan kepada para balon Kades agar melakukan pendekataan masyarakat dengan kampanye program visi misi, tetap bersilaturahmi dan jangan ada aksi mobilisasi masa serta intimidasi.

Sampai saat ini, Road show silaturahmi kamtibmas Forkopimda sudah dilaksanakan di 8 kecamatan. Yakni Batang, Warungasem, Subah, Pecalungan, Banyuputih, Limpung, Tulis dan Kandeman. Kegiatan tersebut juga menghadirkan semua balon kepala desa, Panitia Pilkades, tokoh agama, Perkumpulan Pengurus Rukun Tetangga ( PPRT), tokoh agama dan tokoh masyarakat.