TMMD  

Lomba Mancing Tumpah Ruah di Wisata Krama Cenil Sungai Beber

Cilacap – Ratusan mancing mania tumpah ruah mengikuti lomba memancing yang digelar oleh Desa Cilibang dalam rangka pra TMMD 106 Kodim Cilacap di sungai Beber, tepatnya di kawasan wisata Krama Cenil Sungai Beber Dusun Beber, Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Minggu (21/09).

Mereka dengan antusias mengikuti lomba memancing yang digelar Desa Cilibang dalam rangka lonching tempat wisata yang menjadi sasaran fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap.

Koordinator penyelenggara acara Mancing Mania, Kepala Desa Cilibang Purnomo Edi mengungkapkan, lomba memancing diselenggarakan dalam rangkaian program kegiatan non fisik pra TMMD 106. Menurutnya ide lomba memancing berasal dari keinginan warga, karena komunitas memancing di wilayah itu cukup banyak,

“Acara memancing ini untuk merekatkan hubungan masyarakat dengan TNI, selain itu juga untuk mengajak masyarakat mencintai dan merawat sungai dengan menjaga kebersihannya, tidak membuang sampah dan sebagainya untuk mengantisipasi bencana banjir,” ujar Purnomo Edi di sela-sela acara.

Purnomo Edi menjelaskan, untuk acara memancing tersebut, telah dilepas 1,2 kwintal ikan jenis Bawal tawar. Ikan tersebut, kata dia, dibeli dari petani ikan yang terkenal dengan budidaya ikan air tawarnya. Pelepasan ikan tersebut menurutnya juga bertujuan untuk menjaga ekosistem sungai.

Secara khusus, Purnomo Edi menambahkan, acara memancing juga bertujuan untuk memperkenalkan wisata Krama Cenil Sungai Beber kepada masyarakat Cilibang maupun masyarakat luas, sebagai objek wisata pemancingan yang menarik.
Kesuksesan acara menurut Purnomo Edi berkat bantuan dan kerjasama masyarakat dan TNI Kodim Cilacap.

“Semoga kedepan kegiatan lomba mancing mania ini bisa kita adakan lagi di sini, tentunya dengan even yang berbeda, bukan lagi program TMMD dan dengan hadiah yang lebih besar, ” ungkapnya.

Sedikitnya 280 pemancing tumpah ruah di tepi sungai Beber mereka berlomba memperebutkan berbagai macam hadiah yang disiapkan oleh Desa setempat. Tak hanya datang dari Desa Cilibang, peserta mancing juga datang dari luar daerah.

Di sisi lain, secara umum kegiatan ini terkesan dengan kegiatan di TMMD 106, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Karena dengan manunggalnya TNI – bersama Rakyat, TNI menjadi solid dan akan kuat dalam menghadapi setiap tantangan kedepan,” tutupnya. (*)