DAERAH  

Manfaatkan Selasa Wage, Airnav Indonesia Cabang Yogyakarta Gelar Kampanye Keselamatan Penerbangan.

Tampak petugas yang berasal dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) sedang membagikan flyer informasi tentang keselamatan penerbangan pada warga pada saat Kampanye Kesemalatan Penerbangan yang digelar Airnav Cabang Yogyakarta di Jalan Malioboro, Yogyakarta,(1/10/19).(AKA).

NUANTARAPOS, JOGYA – Ajang hari bebas kendaraan atau sering disebut dengan Selasa Wage yang diselenggrakan di sepanjang Jalan Malioboro dimanfaatkan oleh Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Airnav Indonesia Cabang Yogyakarta untuk melakukan Kampanye Keselamatan Penerbangan,Selasa (1/10/19).

 

General Manager Airnav Indoesia Cabang Yogyakarta Ratna Mustikaningsih mengatakan, ajang hari bebas kendaraan ini merupakan saat yang tepat untuk menggelar acara kampanye ini.

 

“Hari ini warga Yogyakarta semua berkumpul disini, di Selasa Wage ini dan ini moment dimana kita bisa berinteraksi dengan masyarakat sekaligus menginformasikan tentang keselamatan penerbangan yang ada di Yogyakarat dan sekitarnya,” ujarnya.

 

Ratna menjelaskan, keselamatan penerbangan menjadi tugas utama bagi Airnav sebagai BUMN yang mengemban amanat untuk mengelola ruang udara di langit Indonesia. Airnav Indonesia Cabang Yogyakarta saat ini mengelola ruang udara dari tiga bandara diantaranya Bandara Adisutjipto, Bandara Tunggul Wulung Cilacap dan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

 

“Masih banyak kegiatan masyarakat yang mereka tidak ketahui akan mengganggu keselamatan penerbangan seperti laser, balon udara dan drone. Oleh karenanya kampanye atau sosialisasi ini harus terus digalakkan. Keselamatan penerbangan tidak akan terwujud tanpa kerjasama dengan masyarakat,” jelasnya.

 

Tujuan dari kampanye ini merupakan upaya dari Airnav Indonesia Cabang Yogyakarta untuk memberikan panduan serta pandangan kepada masyarakat bahwa menjaga keselamatan penerbangan menjadi mutlak demi terwujudnya transportasi udara yang aman dan nyaman.

 

Airnav Indonesia juga menggelar sosialisasi atau kampanye keselamatan penerbangan dengan berbagai cara seperti Festival Balon Udara di Pekalongan Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Pada acara tersebut Airnav Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah setempat dan masyarakt untuk turut bersama-sama melestarikan budaya local.

 

“Dengan festival balon udara di Pekalongan itu, kami membuktian sendiri bahwa kesadaran masyarakat akan keselamatan ruang udara bagi penerbangan sangatlah besar dan tidak dengan mengorbankan kearifan budaya lokal,” tutup  Ratna.

 

Airnav Indonesia Cabang Yogyakarta berharap agar seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan akan ruang udara dengan tidak melakukan hal-hal yang akan mengganggu keselamatan penerbangan baik di Indonesia mauapun khususnya di Yogyakarta.

 

Sosialisasi lembaga yang dikenal juga dengan Airnav Indonesia ini dibungkus dengan acara talkshow bersama sejumlah narasumber dan aksi pentas seni dari para seniman di Yogyakarta. Seniman yang tampil diantaranya Komunitas Biola Yogyakarta, Komunitas Sepeda Yogyakarta dan sejumlah penggiat seni lainnya. (AKA)