TMMD  

Pemulung Pun Ikut Raup Berkah

Cilacap – Usai sudah pelaksanaan Upacara Pembukaan TNI Manunggal Masyarakat Desa (TMMD) 106 Cilacap, Jateng, 2019 yang dipusatkan di Lapangan Desa Ciliban Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap, Rabu (02/10/2019), siang tadi.

Usai upacara, tamu undangan serta masyarakat langsung tertuju kepada lokasi bazar disisi utara lapangan.

Lapangan Bekas dilangsungkannya upacara tampak kosong. Tampak beberapa sampah berceceran dimana-mana. Maklum namanya sebuah acara, pasti juga menyisakan sampah.

Adalah seorang tua bernama Pak Arjo (55) warga Kecamatan Jeruklegi Wetan RT 09 RW 11 yang dengan tekun mengambili satu persatu sampah yang kebanyakan kertas dan plastik sisa air mineral.

Satu persatu sampah yang dia punguti dia masukkan ke dalam kantong plastik yang dia bawa.

Pak Arjo sehari-harinya berprofesi sebagai pengumpul rongsok alias pemulung di wilayah Kecamatan Jeruklegi dan sekitarnya.

“Saya sebelum masuk ke lapangan ini dan mengambil sampah, sudah ijin kepada Bapak Tentara yang disana itu kok,” ujar Arjo sambil menunjukkan ke arah berkumpulnya beberapa Anggota TNI yang mssih berada di lapangan itu.

“Daripada nanti dibakar percuma, mending saya bawa dan saya kumpulkan untuk nanti saya jual,” ujarnya.

Beruntung ada Pak Arjo  sehingga dalam waktu sekejap sampah yang wujudnya dari kertas sisa tempat makanan peserta upacara dan plastik air mineral bisa lenyap dalam waktu singkat. (**)