GPMB Probolinggo Siap Menggerakkan Minat Baca Masyarakat

  • Bagikan

PROBOLINGGO, NUSANTARAPOS – Pengurus baru Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Probolinggo mengadakan rapat lanjutan. Rapat pertama, secara terbatas berlangsung pada hari Selasa, 13 Okt 2020, pukul 09.00 WIB. Tempat di Perpusdes Setia Hati, Desa Gading Wetan (Komplek Water Sport Gading Wetan). Agendanya adalah silaturahmi pegiat literasi dan urun rembuk tentang Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) di Kabupaten Probolinggo.

Rapat kedua kalinya, tindak lanjut dari rapat pertama dengan agenda “Penyempurnaan Kepengurusan GPMB Probolinggo Periode 2021-2025, yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 11 Juni 2021, pukul 15.00 WIB di kantor Go English Course and Training Center Perum Sukokerto Land A2 (Belakang Bank BRI Pajarakan).

Selanjutnya, bagi yang berhalangan hadir maka akan dimasukkan dalam susunan pengurus ini sesuai kebutuhan. Sehingga kepengurusan ini lebih lengkap sebelum diajukan untuk mendapatkan SK kepengurusannya ke GPMB Provinsi Jawa Timur.

“Rumah saya selalu siap ditempati kapan saja, siang atau malam, untuk berdiskusi, membahas kemajuan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca di Kabupaten Probolinggo,” tegas Beny Hamdani, yang saat ini pemilik rumah kursus Bahasa Inggris bernama Go English Course and Training Center.

“Saya sebenarnya ‘mengintip’ program kegiatan Perpusda Probolinggo agar GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca) di Kabupaten berjalan lancar. Sebab kami tak memiliki dana dalam menggerakkan kegiatan GPMB Probolinggo,” ungkap Syarifuddin, Ketua GPMB Probolinggo yang tidak lama lagi kepengurusannya segera menghadap Kepala Dinas Perpusda Probolinggo.

Tujuan mereka menghadap Kadis Perpusda Kabupaten Probolinggo untuk memberitahukan penyempurnaan kepengurusan GPMB Probolinggo, kesiapan untuk mendapatkan SK (Surat Keputusan) pengurusnya serta berkonsultasi berbagai hal terkait dengan agenda-agenda kegiatan ke depan.

“Seharusnya memang kepengurusan GPMB Probolinggo-lah yang lebih proaktif melakukan kegiatan. Tentunya dukungan dari Dinas Perpusda Kabupaten Probolinggo pun menjadi bagian yang seiring dan seirama untuk membangun gerakan minat baca masyarakatnya. GPMB Probolinggo membangun hubungan yang lebih aktif dengan GPMB Provinsi Jawa Timur agar program kegiatannya dapat berjalan lebih cepat dan lancar, ” ungkap Saifullah, Wakil Ketua GPMB Probolinggo. (Sip dan AdL)

  • Bagikan