DAERAH  

Kasubag DPRD Pacitan : “Terkait Kerjasama Dengan Media, Saya Tidak Menganggarkan”

PACITAN, NUSANTARAPOS – Proses kerjasama DPRD dengan Media sudah di agendakan. Hal itu berawal dari Ketua DPRD Pacitan Rony Wahyono mengundang sejumlah wartawan yang mewakili media masing-masing yang ada di Pacitan sekaligus mendata jumlah wartawan yang hadir. Tindak lanjut itu diteruskan oleh Imam Basori termasuk melalui Whatsapp nya, Minggu (20/6/2021).

Pemberitahuan
Dengan Hormat.
Kepada rekan rekan media, sehubungan dengan rencana kerjasama sekertariat DPRD Kabupaten Pacitan dengan Media, terkait publikasi kegiatan anggota DPRD Pacitan, kami mohon untuk mengumpulkan data perusahaan (Nama Media, Badan Hukum, Nama Wartawan), sebagai syarat kelengkapan administrasi. Data disetorkan di media center DPRD kabupaten Pacitan, sekian terimakasih.

TTd
Kasubag Humas dan Protokol Sekertariat DPRD kabupaten Pacitan
Imam Basori.

Dirinya juga menjelaskan, “Terkait dengan kerja sama media dengan DPRD, saya tidak menganggarkan untuk kerja sama, cuma disini saya sediakan kalau media nulis berita, satu bulannya saya sediakan satu berita. Sedangkan terkait dengan para wartawan yang ada itu DPRD kami cuma mengikuti daftar dari Pemda siapa yang masuk disitu,” (Jum’at, 18/6/21)

Ketika ditanyakan tentang target berita dalam sebulan, “Sebenarnya ini baru akan, belum terjadi, yang saya anggarkan itu sementara seperti di Kominfo ada 45 media. saya sesuaikan tiap bulan itu satu berita 150.000 untuk satu media,” ungkapnya.

Selanjutnya kalau terjadi berita itu melebihi kuota dari yang dianggarkan untuk jumlah berita per bulan menurut Basori Tidak bisa karena anggarannya tiap bulan hanya satu berita.

Bisa saja terjadi tidak semua wartawan menulis berita sehingga menyebabkan anggaran tersisa, dari kemungkinan itu Basori menjelaskan, “Itu teknisnya nanti, soalnya anggarannya juga belum ada, nanti kalau mungkin ada dari salah satu beberapa wartawan atau media yang tidak menulis nanti bisa dialihkan ke yang aktif,” jelasnya.

Disinggung kemungkinan ada arahan dari Ketua Dewan atau Sekwan tentang acuan kerjasama antara Media dengan DPRD yang berupa persyaratan, “Yang jelas kalau kerjasama itu adalah berita yang di kerjasamakan dengan salah satu media, itu baru kerjasama. Tapi ini tidak dari media, sudah ada yang menulis berita seputar DPRD, Rp. 75.000 saya bagi, saya tidak membedakan,” kata Basori.

Tanggapan adanya kerjasama Media dengan lembaga sebelumnya (24/3/2021) sudah diberikan oleh Ketua DPRD Pacitan Roni Wahyono tentang klasifikasi media. (TIM)