DAERAH  

Bupati Tanjab Barat Pimpin Giat Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia

Tanjab Barat, Nusantarapos – Tingkatkan keterampilan dan kompetensi bahasa Indonesia bagi TNI, Polri, dan ASN, Pemkab Tanjab Barat bekerjasama dengan Kantor Bahasa Provinsi Jambi mengadakan giat Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia, Senin (21/06/2021) bertempat di Hotel Rivoli, Kuala Tungkal.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Anwar Sadat dan menghadirkan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi Dr. Sukardi Gau, M.Hum sebagai Narasumber.

Dalam sambutannya Bupati Anwar Sadat menyampaikan, Bahasa Indonesia merupakan media penyampaian gagasan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

“Dengan bahasa kita dapat berkomunikasi dengan orang lain sesuai dengan kepentingan. Bahasa indonesia merupakan aset berharga yang harus dipelajari dan dikembangkan oleh semua elemen bangsa, sebagai identitas bangsa sudah semestinya bahasa indonesia menjadi sarana komunikasi di negri sendiri,” ujar Anwar Sadat mengawali sambutan.

Bupati juga menyoroti banyak kerancuan dan kesalahan yang sering terjadi dalam penggunaan bahasa Indonesia, diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap penggunaan bahasa indonesia secara tepat.

“Penggunaan bahasa nasional yang tepat dan efektif merupakan tuntutan yang harus dijawab dan diupayakan melalui kegiatan peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia bagi TNI, Polri, dan ASN Kab. Tanjung Jabung Barat,” ujarnya.

Diharapkan Bupati melalui kegiatan ini peserta mendapatkan pengetahuan berbahasa indonesia yang baik dan benar, yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pemerintah Kab. Tanjab Barat menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini. Saya harap berpesan kepada seluruh peserta, agar bersungguh-sungguh mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber,” harapnya.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk menunjang kelancaran serta mendukung tugas-tugas Bapak/Ibu di dinas masing-masing,” pungkas Anwar Sadat.

Sebelumnya Kepala kantor Bahasa Indonesia Provinsi Jambi melaporkan Kantor bahasa memiliki tugas pokok yaitu melaksanakan pengembangan bahasa, pembinaan, dan perlindungan serta permasyarakatan bahasa dan sastra Indonesia di wilayah Jambi.

“Kegiatan hari ini termasuk juga dalam pembinaan bahasa. Kita memiliki berbagai masalah dalam sisi bahasa, baik secara lisan maupun tulisan. Contoh, masih belum bisa membedakan antara pukul atau jam. Mudah-mudahan hari ini kita bisa berdiskusi dengan baik bersama peserta,” ujarnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini dikhususkan untuk lembaga pemerintah pusat. Kepala Bahasa juga memgucapkan terimakasih kepada bupati yang sudah berkenan hadir dan membuka kegiatan keterampilan berbahasa indonesia ini. (sofian)