TMMD  

Program TMMD Bangun Wilayah Tertinggal dari Kemajuan

Gresik – ABRI Masuk Desa Itulah nama dari TMMD di Tahun 1980 an ketika pertama kali di era Presiden Soeharto. Sehingga program TMMD hingga saat ini berjalan sekitar 38 Tahun. Program TMMD terlaksana untuk mensejahterakan masyarakat Desa. Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

“Membangun wilayah terpencil dan daerah tertinggal merupakan program TMMD yang paling utama.Karena Keberadaana TNI untuk membangun daerah terpencil dan terisolir masih sangat dibutuhkan hingga saat ini. Program TMMD manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat,” Terang Dandim 0817/Gresik Letkol Infantri Taufik Ismail, Selasa (22/6/2021).

Lebih lanjutia menerangkan, TNI memilih TMMD sebagai salah satu pengabdian kepada rakyat selain melestarikan nilai sejarah, yaitu kemanunggalan TNI dan rakyat.TMMD merupakan pembangunan yang mengacu kepada kesederhanaan, kebersamaan dan koordinasi lintas sektoral.

Bila melihat dari sisi ini tentunya TNI dan Rakyat tidak mungkin dapat terpisahkan, karena TNI berasal dari rakyat dan kembali kepada rakyat.Kemanunggalan TNI dan Rakyat harus terus dipertahankan jangan sampai luntur ataupun putus ditengah jalan.

“TMMD sangat dibutuhkan untuk membangun Daerah terpencil dan terpelosok sekaligus untuk membangun SDM dan SDA yang ada di daerah perbatasan. Karena dengan peran TNI maka melalui programnya sudah menunjukan hasil yang maksimal dalam perkembanganya,” pungkasnya.(*)