TMMD  

Bangun Jalan Penghubung Desa Siwalan, Dapat Kembangkan Menjadi Desa Wisata

Gresik – Masyarakat Desa Siwalan sebagian besar penduduknya merupakan sebagai petani. Desa yang masih asri dan begitu sejuk dengan alamnya yang masih asli merupakan ciri tersendiri sebagai desa yang ada di pelosok daerah.Sehingga kalau dilihat dari sisi masyarakatnya sudah dapat dikatakan maju, namun bila dilihat dari sisi Infrastruktur jalan ataupun wilayahnya Desa Siwalan masih banyak membutuhkan pembangunan disemua sektor kehidupan

Sehingga dengan masuknya program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke – 111 Kodim 0817 /Gresik telah membawa perubahan yang lebih baik menuju desa yang berkembang.

Program TMMD di Desa Siwalan teryata mendapat sambutan positif dan antusias dari seluruh masyarakat.Sehingga dengan antusiasme masyarakat tersebut telah membuat kepercayaan diri kami sebagai satgas untuk bekerja keras mewujudkan pembangunan yang maksimal.Dengan hasil yang maksimal tersebut tentunya dapat memuaskan masyarakat Desa setempat.

Menurut Kades Siwalan Moh. Suhartono Selasa (22/6/2021) mengatakan,” Memberi kepuasan masyarakat dalam Sektor pembangunan bukan perkara mudah, namun satgas telah membawa program yang diinginkan oleh masyarakat agar mendapatkan kepuasan sesuai dengan apa yang diharapkan selama ini.Infrastruktur jalan yang dikerjakan di Desa Siwalan dapat membantu meningkatkan ekonomi semua warga.Potensi pertanian yang subur menjadi pendukung utama bagi para petani dan warga desa untuk terus memacu diri.”

Desa Siwalan yang didukung dengan potensi alam yang bagus, akan lebih mudah untuk melakukan pengembangan perekonomian selain produk pertanian.Mungkin Desa Siwalan akan dapat mengembangkan desa wisata ataupun yang lain karena memanfaatkan potensi SDA dan SDM yang ada.

Tentu dalam hal ini tidak ada yang tidak mungkin, tinggal kreatifitas dan kemauan dari pemerintah Desa serta para pemikirnya agar pembangunan Desa Siwalan lebih dikenal dengan kemajuan pembangunan infrastruktur dan alamnya. Karena tidak ada yang tidak mungkin, semuanya akan dapat berkembang salama ada kemauan dari masyarakatnya. Untuk itu semangat warga harus terus didukung dan dimotivasi agar tidak putus ditengah jalan. (*)