DESA  

Camat Totikum Hadiri Penyaluran BLT-DD Tahap I Tahun 2021 di Desa Kombutokan

BANGKEP, NUSANTARAPOS – Bertempat di Balai Rakyat Desa Kombutokan Kecamatan Totikum, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Rabu (23/6/2021) telah dilaksanakan kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD) Tahap I (Pertama) peruntukan bulan Januari 2021 sebesar Rp 300.000.

Bantuan ini disalurkan secara simbolis  kepada 41 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Kombutokan dengan jumlah Rp 300.000 X 41 KPM = Rp 12,3 juta. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Camat Totikum Irwan Mayang dan dihadiri sekitar 35 orang.

Camat Totikum Selatan dalam sambutannya mengatakan, “Sehubungan dengan penyaluran BLT-DD tahap pertama ini, memang ada keterlambatan, akan tetapi upaya proses administrasi yang baik dari Pemdes Kombutokan ini sehingga penyaluran BLT-DD dapat terealisasikan kepada KPM Desa Kombutokan. Perlu diketahui, untuk penyuran BLT-DD ini, Alhamdulillah Desa Kombutokan merupakan desa ke 7 (tujuh) dari 11 (sebelas) desa yang ada diwilayah Kecamatan Totikum, yang telah melaksanakan penyaluran BLT-DD tahap pertama di tahun 2021, ” ujarnya.

“Diharapkan, seterimanya BLT-DD ini, agar para KPM dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, jangan disalahgunakan bantuan dari pemerintah dengan hal-hal negatif, gunakan untuk kebutuhan ekonomi sehari-hari. Dalam waktu, pemerintah desa akan berupaya menyalurkan lagi BLT-DD tahap ke II (dua) peruntukan bulan februari 2021, ” lanjutnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan melalui edukasi 4 M yakni Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker saat bebergian, Menjaga jarak minimal jangkauan 1.5 meter, dan Menghindari kerumunan.

Camat juga menyatakan, bahwa pemerintah sedang menggalakan program vaksinasi tahap II (dua) nasional. “Diharapkan kepada pelayan publik maupun masyarakat di wilayah Kecamatan Totikum dan khususnya yang ada di Desa Kombutokan untuk menyukseskan program pemerintah tersebut dengan melakukan vaksinasi. Jangan ada yang menghindar dari Vaksinasi, dan sebelum kita menjadi korban terdampak virus corona ini, oleh karena itu kita segara melakukan vaksin sesuai jadwal yang diatur oleh Diskes Kabupaten Bangkep melalui Puskesmas yang ada diwilayah masing-masing,” tandasnya.