TMMD  

Pengecekan Kualitas Kayu Untuk RTLH TMMD 111

Gresik,- Penyiapan bahan kayu jati untuk pembuatan kusen pintu dan jendela, yang menjadi salah satu faktor proses perehaban Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang merupakan sasaran fisik di pelaksanaan kegiatan TMMD Reguler Ke-111 Kodim 0817/Gresik di wilayah Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, terus dilakukan, Sabtu (26/6/2021).

Persiapan dilakukan Saat pengerjaan merehab RTLH, di rumah Siti Rohimah warga RT.01 Rw.02, Dusun Bejan, Desa Siwalan yang merupakan salah satu dari Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang direhab oleh TNI di program TMMD Reguler Ke-111 Kodim Gresik, anggota satgas TMMD harus mengganti semua kusen pintu dan jendela rumah itu. ”Untuk mengganti kusen-kusen tersebut tentu butuh kayu yang berkualitas,” jelas Sertu Jumroni salah satu anggota satgas TMMD yang paham tentang kontruksi.

Tidak hanya kusen, lanjutnya, diperehaban atap juga ditemui banyak kayu usuk maupun reng yang lapuk, sehingga perlu diganti total, apabila tidak diganti justru kelak akan menimbulkan persoalan baru dan membahayakan bagi pemilik rumah.