TMMD  

Menumbuhkan Jiwa Kasih Sayang Melalui Program TMMD Pertahankan Nilai Pancasila

Gresik – Dalam kebersamaan pasti didasari dengan kekompakan, berarti semua harus satu tujuan untuk kebersamaan,begitulah apa yang dirasakan oleh warga masyarakat Desa Siwalan dalam melaksanakan pekerjaan program TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) Reguler ke – 111 Kodim 0817/Gresik. Semua ini tentunya untuk menambah semangat warga dalam mengerjakan renovasi RTLH milik warga Kurang Mampu, karena dengan jalan tersebut pelaksanaan nilai-nilai Pancasila tidak akan luntur.

Dengan semangat yang tinggi serta kerja keras dari satgas dan masyarakat secara gotong royong maka renovasi RTLH tersebut akan dapat terlaksana dengan aman dan lancar. Apalagi RTLH merupakan tempat beribadah bagi umat muslim, tentunya akan membuat masyarakat lebih bersemangat dalam gotong royong.

Pasiter Kodim 0817/Gresik Kapten Inf. Siari, Minggu (27/6/21) mengungkapkan,”Bahwa melihat kerja dari semua warga dan satgas membuat hati kita bangga, begitu kompak dan semangat bahkan tak kenal waktu ataupun lelah untuk mewujudkan Rumah Layak huni bagi warga kurang mampu.”

Dari kebersamaan inilah dapat mengambil makna bahwa gotong royong merupakan budaya yang harus dipelihara untuk menumbuhkan satu rasa antar tetangga dan antar warga ataupun dengan masyarakat luas.Jangan pernah ragu untuk berbuat pada kebaikan demi kepentingan orang banyak.

Dengan pemikiran positif ini tentu harus terus kita lakukan untuk membentuk karakter individu menuju manusia yang bersosial mengerti akan kesusahan orang lain dan mengerti akan kesusahan orang banyak sehingga tumbuh kesadaran yang tinggi dengan jiwa kasih sayang. (*)