News  

Satgas Kembali Bergotong Royong Lanjutkan Pembangunan TPT Sungai Tretek, Dengan Menganyam Kawat Untuk Bronjong

Gresik,-Dalam program lintas sektoral mewujudkan pembangunan merata ini, personel TNI Tiga Matra dan personel Polri dibantu masyarakat yang bermukim di wilayah Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, mengerjakan sasaran fisik pembuatan bronjong, rehab RTLH dan pembangunan jalan, Selain itu kegiatan non fisik.

Program unggulan TNI – AD salah satunya adalah Program Serbuan Teritorial ataupun kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang sekarang sedang di laksanakan oleh Jajaran Kodim yang tersebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Salah satunya Kodim 0817/Gresik, Kamis (8/7/2021).

“Ketiga sasaran fisik dalam program TMMD 111, Kodim 0817/Gresik tersebut dikerjakan secara gotong royong dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes), “ujar Dan SSK, Kapten Inf Bambang Kusharyanto, selaku Dan SSK. Pembangunan bronjong sebagai wujud kepedulian TNI AD terhadap lingkungan guna mencegah terjadinya longsor di tepi sungai.

“Meski kawasan Sungai Tretek tidak lebar, namun bisa membahayakan masyarakat yang bermukim dilokasi dekat sungai, karena dengan seringnya banjir tentu kemiringan tanah membahayakan sekali dan sewaktu- waktu bisa saja longsor tanpa prediksi yang tepat dan bisa erosi sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan, “sebut Dan SSK.

Pembangunan bronjong, kata Dan SSK, berawal adanya informasi dari Babinsa Koramil Panceng dan hasil laporan dari masyarakat bahwa Sungai Tretek jika hujan selalu meluap mengakibatkan banjir disekitar kawasan tersebut.

“Untuk mengatasinya kami dari Kodim Gresik mempunyai solusi terbaik untuk pencegahan. Yaitu dengan menggunakan kawat bronjong berisi tumpukan batu, “terang Dan SSK. Mendapat laporan lantas kami ajukan ke Pemda dan dilakukan Musrenbang Tingkat Kelurahan hingga Kecamatan sehingga dimasukan dalam kegiatan TMMD 111 saat ini.

Selanjutnya,kami lakukan persiapan dan siasat sebelum membangun sebuah konstruksi bangunan, sehingga dapat mencegah hal -hal yang tidak kita inginkan. Salah satu hal yang penting, yang perlu anda siapkan adalah sebuah solusi inovasi seperti penahan tebing, sebagai penahan longsor dengan kawat.

“Lalu kita lakukan pembuatan bronjong bersinergi dengan Pemda,Polri dan masyarakat, alhamdulilah hingga hari ke 22 dilaksanakannya kegiatan TMMD pembangunan berjalan lancar atas adanya dukungan masyarakat setempat,semoga saja hasilnya bisa mencapai maksimal sesuai harapan, “tandas Dan SSK.