DAERAH  

Wakil Bupati Pelalawan Tinjau Kondisi Sungai Kerumutan

Pelalawan, Nusantarapos – Wakil Bupati Pelalawan Nasarudin beserta rombongan berkunjung ke Kecamatan Kerumutan dalam rangka meninjau kondisi Sungai Kerumutan untuk di normalisasi, Sabtu (10/7/2021).

Peninjauan ini dilakukan untuk melihat situasi Sungai Kerumutan yang sebagian besar sudah tertutup oleh gulma atau tumbuhan yang sering disebut kumpai, sehingga membuat para nelayan sulit melewati dan terhambat ekonominya karena kesulitan mencari ikan.

Dalam hal ini, Nasarudin mengatakan bahwa untuk normalisasi Sungai Kurutan akan dilakukan pembukaan jalan terlebih dahulu sepanjang 50 meter.

“Sungai Kerumutan ini akan kita normalisasi dan akan kita buka jalan kembali dengan luas 50 meter dan akan kita tembuskan ke Kecamatan Teluk Meranti. Selain untuk memudahkan nelayan mencari ikan, juga sebagai sarana pariwisata Kabupaten Pelalawan kedepannya,” tutur Wabup.

Nasaruddin juga mengingatkan bahwa setelah normalisasi sungai, masyarakat dilarang untuk melakukan pembalakan liar. Jika tidak dipatuhi, Wabup menyatakan akan menindak tegas.

“Dalam hal normalisasi ini tentunya kita akan melibatkan semua perusahaan yang berada di wilayah Kecamatan Kerumutan untuk bekerja sama melalui program CSR perusahaan tersebut. Saya juga menegaskan kepada masyarakat agar nantinya setelah jalan sungai di normalisasi tidak ada lagi pembalakan liar. Jika masih terdapat pembalakan liar akan kami tindak tegas,” jelasnya.

Turut serta dalam peninjauan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Anton Sugianto, Ketua Komisi 1 Imustiar anggota Komisi III DPRD Suwandi, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan, Camat Kerumutan Husnizal, pimpinan/ perwakilan perusahaan, serta tokoh masyarakat setempat. (JH)