TMMD  

Satgas TMMD Bantu Warga Jemur Gabah Dijalan Pedesaan

Gresik – Bermacam kegiatan komsos yang dilakukan satgas TMMD reguler 111 Kodim Gresik disela Istirahat bekerja. Seperti yang dilakukan Sertu Didik dalam kesempatan tersebut, ia membantu Kasno (60) warga Dukuh Kemiri, Desa Siwalan yang akan menjemur padi dijalan depan rumahnya. Sabtu (10/09/2021).

Sudah menjadi hal yang biasa ketika setelah panen padi warga Siwalan yang pekarangan rumahnya sempit memeilih menjemur gabah disepanjang jalan desa. Seperti yang dilakukan Kasno dengan menggelar terpal di jalan untuk menjemur gabah. Meski dibadan jalan, cara yang dilakukan para petani ini tidak mengganggu kendaraan lewat. Sebab semua kendaraan masih bisa melintas dengan menggilas atau disamping jemuran gabah tersebut.

“Pekarangan rumah sempit Pak, tidak cukup buat mepe (menjemur) gabah. Jadi ya dijemur dijalan,” ujar Kasno.

Sementara Sertu Didik yang membantu menjemur dan menggelar gabah padi juga mengatakan, bahwa warga disini memanfaatkan badan jalan untuk menjemur. Dikarenakan selain tidak mempunyai pekarangan cukup luas, sinar matahari yang kejalan tidak terhalang oleh pepohonan.

“Saya membantu pak Kasno menjemur gabah miliknya, saat akan berangkat ke tempat lokasi pekerjaan TMMD dan disini sudah menjadi hal yang biasa menjemur padi dibadan jalan,” ungkapnya.