Hasil Survei SMRC Prabowo-Sandi ‘KO’ Lagi

Jakarta, NusantaraPos – Calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) kembali unggul dalam survei. Hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), memperlihatkan elektabilitas pasangan petahana di atas dibanding kandidat Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Hasilnya 54,9 persen memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf. Sementara, pemilih pasangan Prabowo-Sandi sebesar 32,1 persen,” ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani, di kantornya, Minggu (10/3/2019).

Lalu, sebanyak 13,0 persen menyatakan pemilih tidak tahu atau merahasiakan pilihannya. “Selisih keduanya sekitar 23 persen, bila Pilpres (Pemilu Presiden) dilakukan saat survei,” ucapnya.

Survei dilakukan kepada 1.426 responden dari perwakilan seluruh provinsi di Indonesia. Pertanyaannya tentang siapa pasangan capres dan cawapres yang akan dipilih, apabila pemilu dilakukan sekarang.

Pengumpulan data dalam survei berlangsung pada 24-31 Januari 2019. Penelitiannya menggunakan metode multistage random sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka. Sementara margin of error dalam survei sekitar 2,65 persen.

“Ini temuan yang signifikan, nyata dan jelas meyakinkan bahwa calon yang satu lebih unggul atas calon lain,” tandas Deni. (RK)