DAERAH  

Gus Lukman Pimpin Langsung Doa dan Dzikir, di Halaman Belakang Pendopo Pemkab Pacitan

PACITAN, NUSANTARAPOS – Salah satu keluarga besar dan termasuk pengasuh dari Pondok Tremas Gus Lukman pada Kamis (15/7/2021) malam di halaman belakang atau Wingking pendopo Pemkab Pacitan (HALKING) memimpin kegiatan doa dan dzikir bersama yang di laksanakan secara khidmat sampai akhir penghujung acara.

Sebelum mengawali doa dan dzikir Gus Lukman berpesan, “Sebelum kita mulai acara ini sedikit saya matur bahwa dalam hal apapun kita harus seperti yang disampaikan Pak Bupati usaha ikhtiar kita sebagai manusia mulai dari seluruh jajaran Bupati, Kepolisian, Kejaksaan, TNI Polri dan semuanya dilaksanakan secara maksimal dalam rangka untuk pandemi covid-19,” katanya.

“Ini tentu ikhtiar upaya lahiriah ini akan diteruskan dan terus antara umarok dan ulama pejabat dan para kyai dan mungkin juga para tokoh agama ini perlu dilaksanakan karena tidak cukup dalam kehidupan ini hubungan antara sesama manusia tapi juga perlu hubungan dengan Allah SWT tuhan yang maha pengasih dan maha penyayang karena sesuai dengan Pancasila,” terangnya.

Dirinya melanjutkan, “Ketuhanan yang Maha Esa ini dalam hal ikhtiar batiniah Ketuhanan, Keilahiyahan ini sesuai yang disampaikan Bapak Bupati, Insya Allah kami atas nama jajaran keagamaan siap untuk melaksanakan ini tidak hanya di pendopo saja mungkin bisa dilanjutkan di kecamatan dan di desa sehingga keduanya bisa berjalan bagaimana ihtiar lahiriah dan ikhtiar batiniah sama-sama kita laksanakan sebaik mungkin demi untuk memutus mata rantai covid-19 khususnya di Kabupaten Pacitan. Ini yang dimaksut sebagai Ibu kita tadi seperti yang disampaikan Bapak Bupati,” tutur Gus Lukman.

“Bismillah kita laksanakan ini semuanya dalam rangka untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT yang telah menciptakan makhluknya yang bernama covid-19,” ujarnya.

“Bagaimana Covid-19 ini kita minta kepada Allah untuk di ambil Allah untuk tidak merebak bahkan diangkat oleh Allah sehingga seluruh kegiatan kita sebagai manusia, seluruh kegiatan yang ada di pemerintahan, seluruh kegiatan yang ada masyarakat semuanya bisa dijalankan dengan normal kembali. Mudah-mudahan ikhtiar batiniah malam hari ini di ridhoi oleh Allah Swt dan dikabulkan oleh Allah SWT,” harapnya.

Sementara KH. Mahmud Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pacitan yang juga Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra setelah acara doa dan dzikir di HALKING ketika diminta statemenya Jum’at (16/7/2021) soal sikapnya mengenai tindak lanjut acara itu belum berani menyampaikan. (Mujahid)