Menteri Trenggono Bagikan 1 Ton Ikan di Bantargebang

Bekasi, Nusantarapos – Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi produk perikanan selama pandemi Covid-19. Sebab di dalamnya terkandung imonustimulan yang merupakan senyawa yang dapat menstimulus sistem imun di dalam tubuh.

Bukan sekadar mengajak, KKP turun langsung dengan membagikan bantuan produk perikanan kepada masyarakat di sejumlah wilayah. Terbaru untuk masyarakat Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, sebanyak 1 ton ikan kembung.

Menteri Sakti Wahyu Trenggono bahkan ikut menyaksikan pembagian ikan ke warga sekitaran Bantargebang yang berlangsung pada Senin (26/7/2021) pagi. “Semoga semuanya sehat-sehat ya,” ujar Menteri Trenggono di lokasi.

Pembagian paket ikan kembung di kawasan Bantargebang menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh pegawai KKP yang terlibat wajib swab antigen lebih dulu dan selama pembagian harus mengenakan masker, serta mengupayakan tidak terjadi kerumunan.

Menteri Trenggono mengapresiasi semangat warga Bantargebang yang tetap produktif di masa pandemi. Namun dia mengimbau mereka untuk selalu menaati protokol kesehatan agar terhindar dari virus.

Menjaga diri tetap sehat, sambungnya, berarti menyayangi diri sendiri dan melindungi orang-orang sekitar dari ancaman virus yang telah merenggut nyawa jutaan manusia di dunia.

Sebagai informasi, ikan merupakan sumber protein bagi kebutuhan gizi manusia. Kandungan dalam ikan kembung meliputi omega 3, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1, D, E fosfor, dan vitamin C, yang seluruhnya baik untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Selain ikan kembung, ikan yang baik untuk sistem imun adalah lele. Ikan ini mempunya potensi sebagai imunomodulator sebab protein di dalamnya mampu meningkatkan produksi nitrit oksida yang berguna melindungi tubuh dari partikel asing seperti bakteri atau virus. Kemudian ada komoditas perikanan lain seperti rumput laut dan teripang yang juga mengandung imunostimulan.

Menteri Trenggono berharap, masyarakat Indonesia rutin mengonsumsi produk perikanan mengingat banyaknya manfaat kesehatan bagi tubuh, khususnya dalam menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi.

Sementara itu Kepala Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP, Rina mengatakan, pembagian paket ikan sehat bermutu sekaligus sebagai bentuk perhatian KKP kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Pak Menteri punya perhatian tinggi kepada warga. Semoga bisa membabtu warga Bantargebang untuk makan ikan bermutu,” ungkapnya.

Bantuan paket ikan di Bantargebang hari ini merupakan lanjutan, di mana sebelumnya telah dibagikan sebanyak 700 kilogram. Selain di Bantargebang, bantuan juga diberikan kepada masyarakat di sekitaran Jakarta Utara dan Cinere bertepatan dengan Hari Anak Nasional.

Pada pertengahan Juli lalu, KKP melalui Ditjen PDSPKP juga menyerahkan bantuan sebanyak 1 ton ikan beku dan ikan olahan kepada masyarakat Bogor, Jawa Barat.