Korps Marinir dan Kemenhub Melaksanakan Serbuan Vaksin di Pelabuhan Merak Banten

Banten, Nusantarapos – Sesuai Perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dalam rangka mensukseskan program pemerintah satu hari satu juta Vaksin, maka Korps Marinir TNI AL berinisiatif melaksanakan Vaksinasi di berbagai tempat di Pelabuhan-pelabuhan salah satunya Pelabuhan Merak Banten, Selasa (27/7/2021).

Pada kesempatan ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) TNI AL Mayjen TNI (Mar) Suhartono, meninjau langsung kegiatan Vaksinasi dengan Sasaran Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Penyeberangan, Karyawan/Petugas Pelabuhan, Penumpang Kapal dan Masyarakat Sekitar.

Menhub RI menyampaikan, “Serbuan Vaksinasi ini contoh yang baik, dimana TNI Angkatan Laut bersama dengan Timnya melaksanakan Vaksinasi yang sangat dibutuhkan oleh Masyarakat Merak dan sekitarnya karena Vaksinasi di wilayah Merak baru terlaksana 18 persen. Maka hari ini diharapkan mencapai target 60 persen.”

Sementra itu Kasal mengatakan, “Selain
Kegiatan Serbuan Vaksin Covid 19 di dermaga, dilaksanakan juga Vaksinasi dengan cara Ship to ship yaitu mendatangi dari kapal ke kapal yang sedang Lego Jangkar, menggunakan 1 Kal TNI AL, 1 Patkamla, 3 kapal patroli KSOP dan 5 unit Perahu Karet Korps Marinir dikarenakan semua ABK Kapal tidak bisa datang ke Dermaga sedang melaksanakan Operasional Kapal. Semua itu bertujuan agar Masyarakat Merak Banten dan sekitarnya Sehat Semua”.

Petugas Tenaga Kesehatan berjumlah 60 orang (5 dokter) dari TNI AL yaitu Dinas Kesehatan Korps Marinir, Rumah Sakit Angkatan Laut Marinir Cilandak, Batalyon Kesehatan 1 Jakarta, Satuan Kesehatan Lanal Banten dan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yaitu 2 orang (1 Dokter) dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Selain Vaksinasi diadakan juga pembagian Bantuan Sosial (Bansos) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan RI yang berjumlah 700 paket sembako.

Total pelaksanaan Sebuan Vaksinasi yang dilakukan TNI AL dari tanggal 23 Juni sampai dengan 24 Juli 2021 berjumlah 276.577 orang, dengan rincian Komando Armada I (60.368 orang),
Komando Armada II (75.209 orang), Komando Armada III (21.315 orang), Komando Lintas Laut Militer (3.296 orang), Korps Marinir (15.913 orang), Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (2.830 orang), Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL Sekolah Tinggi Tehnologi Angkatan Laut (3.628 orang), Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (2.107 orang), Akademi Angkatan Laut (3.456 orang), Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (853 orang), Staf Komunikasi dan Elektronika Angkatan Laut (15 orang), Markas Besar Angkatan Laut (2.740 orang) dan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (8.419 orang). (Rilis)