SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Siap Mencetak Kader Unggul

Yogyakarta, Nusantarapos – Ikatan Pelajar Muhammadiyah (disingkat IPM) adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. IPM didirikan bertujuan untuk membentuk pelajar Muslim yang berilmu, berakhlaq mulia, dan terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam, sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.dan pelajar tersebut siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengadakan kegiatan Taruna Melati 1. Pelatihan Taruna Melati 1 merupakan sarana pengkaderan bagi siswa yang tergabung di organisasi IPM agar memiliki kemampuan yang mumpuni sebagai langkah regenerasi keanggotaan organisasi IPM.

Kegiatan Taruna Melati 1 ini dilaksanakan secara daring dengan zoom pada Sabtu – Ahad, 28-29 Agustus 2021 untuk Immawan dan Sabtu – Ahad, 4-5 September 2021 untuk Immawati kelas X MIPA/IPS. Taruna Melati 1 ini mengangkat tema “Aktualisasi Nilai Spiritual Menuju Generasi Berkualitas dimasa Krisis Moralitas”.

Kepala sekolah Herynugroho dalam sambutannya menekankan agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan mengaplikasikan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari. Beliau juga terus berpesan kepada seluruh siswa untuk terus belajar, berkarya, dan berprestasi walaupun masih masa pandemi Covid-19.

“Diharapkan dengan kegiatan ini seluruh siswa kelas X semakin memahami materi Al-Islam Kemuhammadiyahan dan dapat semakin meningkatkan semangat serta kedisiplinan siswa dalam menuntut ilmu”.
Ketua umum IPM SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta ananda Zikir Semesta dalam sambutannya memberikan motivasi kepada para adik kelasnya untuk mengikuti kegiatan ini dengan gembira.

“Semoga dengan mengikuti kegiatan ini dengan ikhlas dan gembira maka kita akan dapat mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat dan dicatat sebagai amal sholeh“ pungkas ketua IPM. Sedangkan Ketua Pimpinan Daerah IPM Kota Yogyakarta menyambut baik kegiatan ini dan berharap sekolah ini kelak melahirkan kader Muhammadiyah yang hebat.

“IPM memberikan penguatan karakter bagi anggotanya untuk membangun kemampuan diri dalam olah pikir, olah hati, olah rasa, dan karsa serta olahraga baik secara individu maupun kolektif untuk menjadi kader yang unggul” pungkas beliau. Adapun yang disampaikan selama pelatihan ini adalah materi tentang Al-Islam Kemuhammadiyahan, ke-IPMan, psikologi dan aspek hati nurani, dan sosialisasi organisasi internal sekolah.