Zero Waste Indonesia Festival Resmi Dimulai

  • Bagikan

Jakarta, Nusantarapos – Zero Waste Indonesia Festival merupakan kegiatan yang digelar bertepatan dengan Zero Waste Week, sebuah kampanye lingkungan untuk mengurangi sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). “Sinergi Menuju Negeri Lestari” merupakan tema yang diusung dengan tujuan sebagai gerakan bersama menuju Indonesia bersih dan bebas dari sampah.

Sebagai acara festival perdana yang diadakan oleh Zero Waste Indonesia bersama Bank DBS Indonesia, acara ini ingin dihadirkan secara berkesinambungan agar masyarakat memahami masalah terkait lingkungan yang sedang dihadapi dan mengerti bagaimana penerapan gaya hidup minim sampah dalam keseharian. Zero Waste Indonesia Festival merupakan serangkaian kegiatan daring seperti Instagram Live, Webinar, hingga Reels Competition yang resmi dilaksanakan mulai 6 – 11 September 2021.

Terangkum dalam tautan bit.ly/zwidfestival2021, Zero Waste Indonesia Festival terdiri dari rangkaian kegiatan yang membahas masalah persampahan di Indonesia bersama para pakar dan pelaku industri. Untuk berpartisipasi, pembelian tiket webinar Zero Waste Indonesia Festival dapat diakses melalui bit.ly/tiketzwidfestival2021 dengan biaya sebesar Rp 25.000,00 untuk webinar di hari kerja (weekdays) sedangkan untuk webinar puncak acara pada tanggal 11 September 2021 akan dipungut biaya sebesar Rp 50.000,00. Hasil dari pembelian tiket ini akan didonasikan dalam bentuk Blue Carbon Package (BCP) sebagai bentuk dukungan terhadap ekosistem pesisir.

Diadakannya Zero Waste Indonesia Festival sekaligus merupakan perayaan perjalanan Zero Waste Indonesia yang telah memasuki tahun ketiga. Dengan berkumpulnya berbagai macam latar belakang masyarakat dalam festival ini, diharapkan semakin banyak kerja sama dan dukungan yang terjalin untuk keberlangsungan lingkungan hidup yang kembali lestari. Maurilla Imron selaku founder dari Zero Waste Indonesia mengatakan, “Tujuan kegiatan ini adalah sebagai tanda satu momen perayaan sebuah gerakan bersama menuju Indonesia bersih dan bebas dari sampah, serta menjadi tempat berkumpulnya seluruh lapisan masyarakat yang ingin berkontribusi. Di acara ini, kita bersama-sama ingin membangun kesadaran ini dan memberi arah dalam melangkah untuk berpartisipasi terhadap lingkungan. Membuat Zero Waste Festival adalah salah satu mimpi dari Zero Waste Indonesia, dan tahun ini kami akan mewujudkannya secara daring dengan tajuk Sinergi Menuju Negeri Lestari,” ujarnya melalui rilis yang diterima redaksi Nusantarapos, Rabu (8/9/2021).

Melalui acara ini, Zero Waste Indonesia bersama Bank DBS Indonesia bergerak untuk menjadi bagian dari solusi dalam mengatasi masalah persampahan di Indonesia.

“Sebagai bank yang digerakkan oleh tujuan (purpose-driven bank), kami melihat Zero Waste Indonesia Festival mengusung visi yang sama dengan Bank DBS Indonesia, yaitu ingin memberikan edukasi dan mengurangi sampah di Indonesia, khususnya sampah makanan. Acara ini sejalan dengan gerakan #MakanTanpaSisa yang kami prakarsai dalam upaya mengajak masyarakat untuk mulai mengurangi sampah makanan melalui kebiasaan sehari-hari. Melalui Zero Waste Indonesia Festival ini kami berharap kesadaran akan bahaya dampak food waste dan pentingnya mulai #MakanTanpaSisa akan semakin meningkat,” tutup Mona Monika, Executive Director Group Strategic Marketing and Communication, PT Bank DBS Indonesia. (Rilis)

  • Bagikan