judul gambar
PRODUK  

Tips Memilih Lampu Gantung agar Ruangan Tampil Lebih Cantik

lampu gantung (foto: Bli-Bli)

JAKARTA,NUSANTARAPOS,-Supaya rumah terasa nyaman ketika ditinggali, penting bagi penghuni untuk merapikan dan mempercantik setiap sudut hunian. Jika rumah terasa gelap akibat kurang penerangan, Anda bisa memasang lampu gantung di beberapa sisi ruangan.

Selain berfungsi sebagai penerang, umumnya lampu gantung memiliki bentuk yang unik sehingga keberadaannya bisa menjadi aksesori terbaik untuk mempercantik ruangan. Hanya saja, memilih lampu gantung tak boleh sembarangan.

Alih-alih menciptakan kesan elegan nan mewah, pemilihan lampu gantung yang salah justru bisa membuat tampilan ruangan terkesan aneh. Nah, untuk menghindari kesalahan tersebut, simak cara memilih lampu gantung berikut ini.

 

Bagaimana Cara Memilih Lampu Gantung yang Pas?

Ada beberapa hal perlu diperhatikan sebelum membeli lampu gantung. Biar tidak salah pilih, ikuti panduan di bawah ini.

1. Sesuaikan dengan Gaya Interior

Lampu gantung memiliki banyak variasi bentuk. Ada lampu gantung bernuansa kontemporer, ada juga lampu gantung bergaya minimalis khas industrial. Sayangnya tidak semua lampu gantung cocok untuk rumah Anda.

Sebelum membeli pastikan Anda menyesuaikan desain lampu dengan gaya interior yang ada. Jika interior rumah cenderung bernuansa klasik modern, Anda bisa memilih desain chandelier.

Untuk pilihan yang lebih simpel, Anda bisa membeli lampu gantung bergaya industrial, lampu gantung berbentuk cincin, atau lampu yang dibuat dari gelas kaca. Silakan tentukan model mana yang paling pas dengan gaya ruangan Anda.

2.     Perhatikan Materialnya

Tips kedua adalah perhatikan material yang digunakan karena masing-masing bahan mampu menciptakan kesan yang berbeda. Besi dan kaca kristal menjadi dua material yang sering digunakan dalam pembuatan lampu gantung.

Jika Anda memilih lampu berbahan kaca kristal, Anda bisa mengaplikasikannya pada ruangan bergaya klasik. Sementara untuk lampu gantung berbahan besi akan sangat cocok diaplikasikan pada ruangan bergaya minimalis, kontemporer, dan industrial.

3.     Sesuaikan dengan Tingginya Langit-Langit

Karena bentuk lampu gantung yang menjuntai ke bawah, maka ukurannya harus disesuaikan dengan tinggi langit-langit ruangan. Sebaiknya Anda tidak memasang lampu gantung yang memiliki panjang lebih dari sepertiga tinggi ruangan.

Jika langit-langit ruangan cukup tinggi, Anda bisa memilih bentuk yang memanjang dan mampu memancarkan cahaya yang terang agar setiap sudut ruangan mendapatkan penerangan yang cukup.

4.     Pilih Bentuk Sesuai Jenis Ruangan

Terakhir, silakan tentukan lampu gantung pilihan sesuai jenis ruangan tempat lampu tersebut dipasang. Ada kalanya bentuk dan ukuran lampu gantung di ruang tamu atau dapur berbeda dengan lampu gantung di kamar tidur. Untuk mendapatkan desain yang tepat, Anda juga perlu memadukan tips poin pertama dan poin kedua.

 

Inspirasi Lampu Gantung untuk Mempercantik Ruangan

Untuk menambah referensi Anda terkait lampu gantung, berikut inspirasi lampu gantung yang pas untuk mempercantik penampilan ruangan.

1.     Lampu Gantung Industrial

Secara umum industrial merupakan konsep desain yang mampu memberikan kesan unfinished pada suatu ruangan. Gaya ini juga identik dengan nuansa pabrik industri abad 19-an. Ciri khas dari konsep industrial adalah penggunaan material kayu, batu, logam, dan aluminium untuk furnitur dengan warna-warna gelap.

Nah, sesuai deskripsi di atas, lampu gantung bergaya industrial umumnya mengusung warna lebih gelap dan menggunakan besi sebagai bahan materialnya. Untuk mendapatkan variasi terhadap model ini, Anda bisa memasukkan kata kunci Lite and Deco Sputnik Lampu Gantung, Supra c.e SCP-9066-D3, dan Light Rustic Chandelier Industrial Hanging Lamp di kolom pencarian website Blibli.

Ketiga kata kunci di atas merupakan contoh produk dari lampu gantung industrial.

2.     Lampu Gantung Kristal

Kalau Anda ingin menciptakan kesan elegan pada suatu ruangan, coba tambahkan lampu gantung kristal sebagai aksesori. Ya, lampu yang menampilkan gantungan bola-bola kristal putih memang mampu menciptakan nuansa elegan sekaligus mahal.

Selain kristal berwarna putih, Anda juga bisa memilih gantungan kristal berwarna hitam untuk menambah kesan cantik pada ruangan. Bila tampilan lampu gantung industrial terkesan minimalis, bentuk lampu gantung kristal lebih menonjolkan desain-desain yang melengkung.

Jika Anda sedang mencari desain lampu gantung kristal mana yang pas, silakan buka Blibli dan masukkan keyword LMB47 lampu gantung atau LMB33 lampu gantung pada kolom search.

3.     Lampu Gantung Minimalis

Kalau Anda lebih suka desain lampu gantung yang lebih ringkas, lampu gantung minimalis adalah jawabannya. Meski desainnya dibuat sederhana, tetapi beberapa lampu gantung minimalis mampu menciptakan kesan futuristik.

Beberapa contoh produk yang merepresentasikan lampu gantung minimalis adalah IKEA NYMANE lampu plafon, Supra lampu gantung SCP-7134-3R COLOR, dan IKEA PS 2014 bila ingin menciptakan kesan futuristik pada suatu hunian.

Ketiga produk yang telah disebutkan tadi bisa Anda dapatkan Rp700 ribuan sampai Rp 2 jutaan.

4.     Lampung Gantung Klasik

Inspirasi model penerangan gantung selanjutnya adalah lampu klasik khas 90-an. Lampu ini biasanya memiliki model yang khas seperti ukiran tembaga yang dipadukan dengan bohlam berwarna putih.

Jika penasaran dengan tampilannya, silakan masukkan kata kunci lampu gantung antik-klasik Jawa Betawi di kolom search Blibli. Lampu ini bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp1,4 jutaan.

5.     Lampu Gantung Rotan

Untuk pilihan yang lebih unik, Anda bisa cek lampu gantung rotan yang ada di Blibli. Lampu model ini dijual dengan kisaran harga Rp200 ribu sampai Rp600 ribu. Ada juga lampu gantung rotan bermodel bola sepak takraw yang dijual sekitar Rp1 jutaan. Lampu seperti ini cocok diaplikasikan pada rumah atau ruangan yang mengusung konsep desain Skandinavia.