BISNIS  

Pelatihan Perbaikan Dan Servis Gratis Mesin Tempel  Bagi Nelayan Pacitan

PACITAN, NUSANTARAPOS, -Untuk meningkatkan kapasitas nelayan kecil dalam hal perbengkelan mesin tempel, Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan mengadakan kerja sama dengan CV. Sentral Yanmar Yogyakarta yang merupakan agen resmi PT. Karya Bahari Abadi selaku distributor tunggal produk Yamaha Marine di Indonesia.

Bentuk kerjasama ini berupa pelatihan perbengkelan dan pelayanan servis gratis oleh teknisi Yamaha. Lokasi pelatihan berada di TPI Tawang, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo yang berlangsung 21 Oktober 2021 selama dua hari.

“Nelayan Pacitan merupakan nelayan kecil yang menggunakan kapal berukuran sampai dengan 3 gross ton bermesin tempel. Sekitar 80% nelayan menggunakan motor tempel Yamaha sebagai penggeraknya. Sebagai komponen utama, kondisi mesin tempel yang prima merupakan syarat utama mobilitas nelayan dalam kegiatan penangkapan ikan di laut”, kata Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan Sumoro Hadi (28/10).

Sumoro juga menjelaskan bahwa kerjasama ini telah terjalin sejak tahun 2019 dalam bentuk pelatihan perbengkelan dan servis gratis mesin tempel bagi nelayan. Diharapkan dalam pelatihan itu dapat meningkatkan kesadaran nelayan akan arti penting perawatan mesin secara berkala dan kesiapan mesin sebelum digunakan untuk berlayar.

Kondisi mesin sangat berpengaruh terhadap daya jangkau penangkapan dan yang terpenting juga adalah keselamatan nelayan itu sendiri. Disamping itu, nelayan juga dapat mempelajari cara perawatan dan perbaikan mesin sederhana seperti yang dicontohkan oleh para teknisi. Sebanyak 5 orang teknisi dari Yamaha hadir untuk memberikan pelatihan dan servis gratis kepada 130 nelayan.

Para nelayan sangat antusias mengikuti acara tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya peserta yang hadir di hari pertama maupun kedua. Disamping pengetahuan akan permesinan para nelayan semakin bertambah, dan yang paling penting adalah kondisi mesin juga terpantau dengan adanya acara ini.

Mengingat masih dalam kondisi pandemi, kedatangan nelayan di jadwal sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan kerumunan dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu dari pihak Yamaha juga memberikan souvenir kepada para nelayan. Mulai tas, busi, oli mesin, oli gear dan lain-lain. (Dinas Perikanan/Diskom Pacitan/Mj ).