DAERAH  

Data Kemiskinan Idealnya Dari Bawah Melalui SIKS-NG

PACITAN, NUSANTARAPOS, -Jajaran Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pacitan melalui pilar sosial terus bersinergi untuk mewujudkan kelancaran program bantuan sosial tahun 2022 yang Diadakan disalah satu Hotel di Pacitan yang dihadiri oleh 85 Pendamping PKH se-Kabupaten Pacitan.

Aplikasi Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) merupakan aplikasi nasional untuk penerima segala jenis bantuan pemerintah. Aplikasi ini memuat Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Melalui sambutannya, 27 Oktober 2021 Pujono, Kabid Rehabilitasi Sosial mengajak semua pilar sosial ini memberikan dukungan dan kerjasama agar pelaksanaan program penanganan fakir miskin berjalan baik dan bermanfaat.

“Data itu penting dan menjadi inspiratif untuk apapun yang kita rencanakan. Selama ini kita tidak menghargai data. Contohnya data kemiskinan antar instansi pasti berbeda. Kedepanya pilar sosial yang hadir diharapkan untuk lebih menghargai data,” katanya.

Data kemiskinan idealnya bersumber dari bawah, meja pertamanya adalah Operator SIKS-NG agar kekuatan data itu dapat dipertanggung jawabkan.
(Dinsos Pacitan/Diskom Pacitan/Mj )