Resmi Buka Bhayangkara Mural Festival 2021, Kapolri : Masyarakat Silahkan Berekspresi tentang Polri

Jakarta, Nusantarapos – Kapolri Jenderal Listyo Sigit resmi membuka Bhayangkara Mural Festival 2021 di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (30/10/2021).

Kegiatan yang bertema “Mural Kritik Untuk Polri” ini mewakili 34 Polda dan diikuti 80 seniman mural dari seluruh Indonesia. Mereka bersaing memperebutkan Piala Kapolri.

Listyo Sigit mengatakan bahwa dalam festival mural ini masyarakat bebas berekspresi untuk mengkritik Polri.

“Masyarakat bebas untuk menyampaikan aspirasinya dan ekspresinya dalam berbagai bentuk dan itu kita hormati,” ujar Kapolri.

Ia menyatakan kegiatan ini juga menjadi momentum bagi Polri untuk berintrospeksi. “Masyarakat silahkan berekspresi tentang Polri, positif boleh, negatif juga boleh. Karena ini bagian dari kami untuk introspeksi, ” katanya.

Dengan demikian, mantan Kabareskrim ini berharap agar Polri bisa menjadi institusi yang dicintai masyarakat.

“Saya selaku Kapolri menginginkan bahwa masyarakat bisa memberikan gambaran kepada kami bagaimana pandangan masyarakat terhadap Polri sehingga kami bisa berbenah dan personil kami menjadi lebih baik agar menjadi Polri yang dicintai masyarakat. Itu harapan kami,” harapnya.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Brigjen Argo Yuwono menjelaskan bahwa 10 pemenang yang dipilih oleh dewan juri nantinya akan ditugaskan lagi untuk menggambar mural di Mabes Polri.

“10 pemenang ini akan menggambar mural lagi di lima tiang depan Mabes Polri. Tentunya kita memberikan ruang dan tempat untuk juara, menjadi wadah bagi seniman mural untuk berekspresi menyampaikannya kritik dan menyalurkan ide,” jelas Argo. (Arie)