HUKUM  

Lantik Pengurus DPD KAI DKI, Mia Lubis Berharap Jakarta Bisa Jadi Barometer

Usai menerima pataka dari Presiden DPP KAI Siti Jamaliah Lubis, Pengurus DPD KAI DKI Jakarta berfoto bersama.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI) Siti Jamaliah Lubis melantik Pengurus DPD KAI DKI Jakarta periode 2020 – 2025 di Apartemen Eksekutif Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/11/2021). Pelantikan tersebut merupakan periode kedua Ardy Mbalembout menjadi Ketua DPD KAI DKI Jakarta setelah dirinya terpilih secara aklamasi dalam Musda, Senin (20/01/2020) lalu.

Dalam kesempatan itu Presiden DPP KAI Siti Jamaliah Lubis atau lebih sering disapa Kak Mia mengatakan semoga dibawah kepemimpinan bang Ardy yang kedua ini, DPD KAI DKI Jakarta bisa ikut membesarkan nama organisasi dan lebih baik daripada sebelumnya. Hal itu bisa dilakukan jika kembali menghidupkan DPC di 5 wilayah yang ada di Jakarta.

“Bagaimanapun Jakarta merupakan barometer bagi semua pengurus KAI yang ada di Indonesia. Saran saya agar KAI DKI lebih sering mengadakan seminar-seminar yang berkaitan dengan dunia hukum, sehingga bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga Jakarta,” ujarnya.

Pengurus DPD KAI DKI Jakarta periode 2020 – 2025 berfoto bersama Presiden DPP KAI Siti Jamaliah Lubis.

Usai pelantikan Ardy menyatakan kami akan melaksanakan apa yang diarahkan oleh Presiden KAI. Untuk periode kedua ini saya akan bekerja lebih maksimal agar KAI bisa jauh lebih baik daripada sebelumnya.

“Untuk mencapai itu maka saya mengimbau kepada seluruh anggota KAI agar tetap menjaga maruah organisasi KAI. Saya pun akan mendorong untuk peningkatan kapasitas advokat,” kata Tokoh Muda asal NTT itu.
Menurut Ardy, advokat, polisi, jaksa dan hakim merupakan penegak hukum dalam proses peradilan pidana yang mempunyai kedudukan yang sama yaitu sama-sama penegak hukum (catur wangsa).

Ke depan, menurut Ardy, pengurus yang dipimpinnya akan mendorong dan meningkatkan penegakan kode etik anggota advokat dan juga menjalin kerja sama dengan semua stakeholders guna mewujudkan visi, dan misi dan program kerja organsiasi KAI.

Untuk menghangatkan suasana usai pelantikan, Pengurus DPD KAI DKI Jakarta berjoget bersama.

Ardy menambahkan dirinya menyampaikan keinginannya untuk memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma (probono) kepada masyarakat tak mampu. Termasuk memberikan pendampingan dan membangun kesadaran hukum bagi masyarakat.

“Kami berharap organisasi advokat di masa mendatang makin solid, tidak terpecah-pecah sehingga tidak mudah jadi korban kriminalisasi,” tutup Kepala Badan Hukum dan Pengamanan Partai DPP Demokrat itu.

Adapun struktur kepengurusan DPD KAI DKI Jakarta adalah sebagai berikut : Dewan Pembina Harun Sulkam, Dewan Penasehat Candra Tirta, Dewan Kehormatan Ben Victor Sitompul, Ketua DPD Ardy Mbalembout, Sekretaris Silvia Yuliasari, Bendahara Martinus Panto Sunanto serta Mathias Manafe sebagai Kabid. Pendidikan DPD KAI Jakarta dan bidang-bidang lainnya.