UHO Tuan Rumah Semnas & Kongres Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia ke-XV

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Kongres Nasional ISMEI ke-XV akan diselenggarakan di Kota Kendari Sulawesi Tenggara pada tanggal 06-10 Desember 2021. BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo (FEB UHO) sebagai Panitia Pelaksana Kongres Nasional ISMEI yang akan dihadiri oleh Senat Mahasiswa Ekonomi Se-Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua. Kongres Nasional ISMEI juga dijadwalkan akan dirangkaikan dengan Seminar Nasional dengan mengangkat Tema ; “Transformasi Menuju Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Tema ini diangkat karena saat ini Perekonomian Nasional sedang lesuh ditengah wabah Pandemi Covid-19 dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Pemerintah sedang mencari model baru strategi yang pas yang akan dijalankan ditengah situasi yang serba rumit ini. Oleh karena itu, ISMEI menginisiasi Forum Seminar Nasional untuk merumuskan strategi Pemulihan Ekonomi Nasional agar wabah Pandemi Covid 19 dapat dikendalikan dan perekonomian nasional bisa signifikan bergerak menjadi lebih baik.

Muhammad Fachri Dangkang selaku Ketua BEM FEB UHO mengatakan bahwa melalui kegiatan ini pula akan menjadi starting point perumusan kebijakan-kebijakan yang bisa berimplikasi terhadap meningkatnya perekonomian nasional. Fachri juga menambahkan dengan dilaksanakannya Seminar Nasional dan KONGRES ISMEI Ke XV di Kota Kendari tentu akan memberi penguatan terhadap kemajuan perekonomian Sultra karena dalam seminar nanti akan membahas tentang penguatan investasi di Sulawesi Tenggara dari sektor pertambangan dan energi, sehinga setiap industri yang terbangun akan memberi manfaat secara forward dan backward linkage, akan tumbuh dan berkembang pusat-pusat ekonomi baru, akan terbuka lowongan pekerjaan dalam jumlah yang besar, dan seterusnya sehingga dapat memberi manfaat kepada masyarakat lokal di wilayah industri tersebut.

Dalam seminar nantinya akan dihadiri oleh Menko Perekonomian, Mentri Investasi/BKPM RI, Menteri BUMN RI, KAPOLRI, Wakil Ketua DPR RI, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Anggota Komisi XI DPR RI, Gubernur SULTRA, Rektor UHO, Ketum DPP KADIN, Ketum BPP HIPMI, Ketua Dewan Komisioner OJK, Komisaris Independen BSI, Sekretaris Jendral MES, Direktur Kelembagaan MIND ID, Stafsus Wakil Presiden, Andi Sumangerukka, Sultan Mulia Kusuma dan Abdul Rahman Farisi.

Sejauh ini kami telah berkomunikasi dengan Narasumber-Narasumber Nasional, Pemerintah Sulawesi Tenggara serta Pihak Civitas Akademika UHO yang siap mendukung penuh kegiatan ini dan insyaallah dapat berjalan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.