Perpustakaan Ki Hajar Dewantara SMA Negeri 1 Ngadirojo Dilengkapi Digital

  • Bagikan
Perpustakaan SMA Negeri 1 Ngadirojo Pacitan

PACITAN, NUSANTARAPOS, -Perpustakaan merupakan fasilitas vital wajib dimiliki oleh lembaga pendidikan utamanya sekolah yang fungsinya untuk tempat membaca dan meminjam buku serta media untuk melakukan aktifitas lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Ngadirojo – Pacitan Jawa-Timur ini, pihak sekolah memberikan hak yang sama kepada semua siswa untuk menambah wawasan sebanyak mungkin serta membantu siswa untuk memperjelas dan memperluas pengetahuannya pada setiap bidang studi.

Oleh karena itu perpustakaan yang dikelola oleh Kepala Perpustakaan SMAN 1 Ngadirojo Naning Setyo Purwati. S.Pd. ini dapat dijadikan sebagai laboratorium yang sesuai kurikulum.

Kepala SMAN 1 Ngadirojo Drs.Budi Suryanto.MM.Pd, Kamis (18/11/21) mengatakan, ” Saya mendukung dan memfasilitasi perpustakaan SMAN 1 Ngadirojo  dimana sebagai sarana untuk peningkatan kegiatan pembelajaran baik kepada siswa maupun bapak ibu guru dimana di era digital ini perpustakaan SMAN 1 Ngadirojo sudah dilengkapi dengan digital termasuk daftar hadir, kemudian katalog buku semuanya sudah dilaksanakan dengan menggunakan teknologi informasi yang baru.”

 

Lebih lanjut ia menerangkan, di perpustakaan Ki Hajar Dewantara para pengunjung tidak hanya dimanjakan jajaran buku rapi, namun juga fasilitas penunjang lainnya yang sangat luar biasa seperti taman baca mini dalam perpustakaan, AC, bangku baca yang tersusun rapi. “Tidak kalah lagi sistem pengoprasian perpustakaan meliputi kunjungan hadir dan katalog buku yang berbasis digital. Hal ini tentunya dengan kemajuan teknologi di masa sekarang yang menuntut kecakapan digital dengan tujuan adalah untuk memungkinkan ketersediaan informasi yang lebih banyak lebih berkualitas lebih cepat dan akurat disamping mempermudah sistem pelayanan,” terangnya.

Sementara itu, Ni’mah Pangestika siswa Kelas XII MIPA merasa bangga dengan perpustakaan yang dimiliki di sekolahnya terutama fasilitasnya.

“Sebagai siswa SMAN 1 Ngadirojo bangga rasanya mendapatkan fasilitas perpustakaan Ki Hajar Dewantara yang sudah sangat maju yang dalam pengoprasiannya menerapkan basis teknologi tempat yang nyaman dan dilengkapi buku yang super lengkap membuat semua siswa nyaman untuk berlama-lama di perpustakaan dan mencari sumber informasi yang mereka butuhkan,” ungkapnya.

Dengan kelengkapan fasilitas yang dimiliki oleh Perpustakaan tersebut ia menilai perpustakaan tersebut sesuai dengan jargon SMAN 1 Ngadirojo yang lebih bisa.

Penulis: MUJAHIDEditor: JOKO
  • Bagikan