Usai Tak Jabat Panglima, Hadi Berpeluang Gantikan Moeldoko di Kabinet Jokowi

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto diprediksi akan masuk kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ada dua posisi yang berpeluang diisi jika Jokowi jadi melakukan reshuffle.

Hadi berpeluang menggantikan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko atau Menko Polhukam Mahfud MD. Dua pos itu sangat layak bagi Hadi yang dinilai mumpuni di dua bidang tersebut.

“Hadi Tjahjanto berpeluang menggantikan Kepala Staf Presiden Moeldoko juga menggantikan Menko Polhukam Mahfud MD. Kapasitasnya cukup mumpuni untuk mengisi pos tersebut,” kata pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M Jamiluddin Ritonga, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (24/11).

Meski demikian, dari dua posisi itu, posisi KSP yang paling kecil guncangannya jika diduduki Hadi. Penolakan dari berbagai elemen masyarakat akan relatif kecil.

Berbeda dengan posisi Mahfud MD, penolakan akan relatif besar bila direshuffle. NU dan PKB kemungkinan akan tidak berkenan bila Machfud diganti.

“Jadi, yang paling aman pos KSP yang direshuffle. Hadi Tjahjanto cukup pas mengisi posisi tersebut,” demikian Jamiluddin